Anggota Koramil 06/Kesugihan Bersama Camat Dan PPL Kesugihan Tanam Padi Bersama


KODIM 0703/CILACAP | Adipala - Anggota Koramil 06/Kesugihan Kodim 0703/Cilacap dibawah pimpinan Bamin Wanmil Pelda Turmadi bersama Camat Kesugihan Bambang Wijoseno S.Sos.,M.Si dan Dinas PPL Kesugihan, melaksanakan pendampingan terhadap Kelompok Tani "Bina Tani" Desa Kesugihan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Rabu (22/11).

Pendampingan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas hasil panen khususnya komoditas padi diwilayah binaan Koramil 06/Kesugihan Kodim 0703/Cilacap. Kegiatan ini juga diikuti oleh para anggota PPL dari Dinas BPP Kecamatan Kesugihan dan anggota Kelompok Tani Bina Tani Desa Kesugihan Kidul.  

Pendampingan tanam padi ini, dilakukan pada lahan persawahan milik Arjo Prayitno, salah satu anggota Kelompok Tani "Bina Tani" Desa Kesugihan Kidul seluas 0,28 hektare. Penanaman padi yang dikerjakan ini menggunakan sistem tanam padi Jajar Legowo (Jarwo) 4 - 1 dengan menggunakan jenis atau varietas padi inpari 42.   

Disela sela kegiatan tersebut, Bamin Wanmil Koramil 06/Kesugihan Pelda Turmadi mengatakan, sistem tanam jajar legowo (Jarwo) 4 - 1 adalah sistem tanam padi untuk memaksimalkan tanaman padi yang bersifat pinggir dengan memperbanyak lorong karena tanaman yang dipinggir akan menghasilkan tanaman yang berkwalitas dengan buah padi atau malai yang bisa maksimal  sehingga bisa meningkatkan produktivitas hasil panen." ujar Pelda Turmadi.

Sementara itu menurut anggota PPL bidang pengamatan hama dan tanaman Ratin, penanaman padi jenis varietas inpari 42 yang dianjurkan PPL pada musim tanam kali ini, termasuk varietas yang tahan terhadap hama terutama hama wereng. Hal ini  didasarkan pada pengamatan musim tanam sebelumnya yang menyatakan bahwa varietas inpari 42 ini tahan terhadap hama sehingga hasi panen padinya pun meningkat. 

Arjo Prayitno, salah satu anggota Kelompok Tani "Bina Tani" Desa Kesugihan Kidul pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak terutama Babinsa Koramil 06/Kesugihan dan PPL Kesugihan yang selalu mendamping para petani dilapangan. Harapannya, hasil panen berikutnya akan jauh lebih baik lagi.  Serda Urip Az