ANGGOTA KORAMIL 11/SIDAREJA BEKALI SISWA SMK 18 LPPMRI DENGAN MATERI WAWASAN KEBANGSAAN DAN PELATIHAN BELA NEGARA


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Melalui kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah, Pelda Slamet bersama Serka Sutarno berikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada anak didik tahun ajaran baru SMK 18 LPPMRI Sidareja, Rabu (18/07)

Pelda Slamet menjelaskan arti secara umum pemahaman tentang Wasbang, sehingga para murid bisa mengerti serta tumbuh jiwa nasionalisme.

“Pembekalan Wasbang ini diberikan kepada para peserta didik yang baru masuk sekolah,” ungkap Pelda Slamet. 

" Pembekalan ini untuk menjadikan putra dan putri bangsa turut ikut membangun pembangunan bangsa, dan diperlukan dalam menghadapi pengetahuan tentang kebangsaan, sejak dini Wasbang dapat diberikan kepada murid-murid di sekolah. Diantaranya materi yang disampaikan tentang sejarah dan karakter. Sehingga dapat membantu dalam proses belajar mengajar para siswa,” tambah Pelda Slamet. 

Serka Sutarno menyampaikan selain Wawasan Kebangsaan materi Bela Negara juga harus diberikan kepada seluruh siswa, pelatihan bela negara ini memiliki tujuan mulia, yakni membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara.

"Upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Kesatuan Negara Republik Indonesia," ucap Sutarno

"Selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara melaksanakan dengan penuh kesadaran tanggungjawab serta rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa," tambahnya. Red_Pendim0703