BABINSA KORAMIl 05/NUSAWUNGU MEMBERIKAN MATERI WAWASAN KEBANGSAAN DI SMK NEGERI NUSAWUNGU


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Babinsa Koramil 05/nusawungu Sertu Purnomo memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMK Negeri Nusawungu berjumlah 572 orang, Selasa ( 17/07/2018) pukul 14.00 wib s.d selesai,di SMK negeri Nusawungu kec. Nusawungu kab. Cilacap. 

Pengertian Wawasan Kebangsaan Indonesia, Kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu mawas yang artinya memandang atau melihat, jadi kata wawasan dapat diartikan cara melihat atau cara pandang. Sehingga Wawasan Kebangsaan Indonesia adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia,terhadap sekolah, para siswa-siswi dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan disekolahan, kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Selain pengertian Wawasan Kebangsaan Indonesia diatas, Sertu Purnomo, menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan indonesia adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Nilai Dasar Wawasan Kebangsaan, Nilai Wawasan Kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan kesatuan bangsa memiliki 6 dimensi yang bersifat mendasar dan fundamental, yaitu Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Cinta atas tanah air dan bangsa, Demokrasi atau kedaulatan rakyat, Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan besatu, Masyarakat adil-makmur, Kesetiakawanan sosial.    Red_Pendim0703