KORAMIL GANDRUNGMANGU IKUT SUKSESKAN PROGRAM SWASEMBADA PANGAN


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Koramil 10/Gandrungmangu aktif mensukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan melalui pendampingan penanaman kedelai yang bertempat di dusun cibuaya RT.07 RW.05 desa Muktisari kecamatan Gandrungmangu kabupaten cilacap, Selasa(17/07/2018)

Penanaman kedelai ini dimulai pada pukul 07.30 wib di tanah seluas lahan 50 Ha, menghabiskan bibit sebanyak 2.5 Ton. Pada acara penanaman kedelai ini dihadiri oleh Babinsa, PPL bpk santoso, ketua Gapoktan Bpk Ngadimin Susilo dan masyarakat petani.

Pada kesempatan ini Babinsa Serka Sutrisno mengatakan, penanaman kedelai dari Koramil bersama dengan petani ini bertujuan untuk mensukseskan peningkatan ketahanan pangan nasional, selain itu juga untuk memberikan motivasi kepada petani, dengan adanya Babinsa ikut turun ke sawah, maka petani akan lebih bersemangat  dalam mengelola lahan pertaniannya. Juga untuk lebih mendekatkan antara TNI dengan masyarakat.

Bapak Santoso sebagai ketua PPL kecamatan Gandrungmangu usai penanaman kedelai megatakan, penanaman kedelai ini salah satu bentuk mensukseskan program pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Menurut Bpk Santoso di Kecamatan Gandrungmangu ada program Pajale seluas 1630 hektar lebih. Untuk mendukung program tersebut PPL dan Koramil berinisiatif memotivasi masyarakat untuk menanam jagung dan kedelai di lahan kekurangan air yang tidak bisa ditanami padi, sehingga lahan tersebut jadi produktif tidak menjadi lahan tidur.

Ketua Gapoktan Dewe Sri bpk Ngadimin Susilo sangat berterimakasih sampai saat ini Koramil dan dinas terkait sangat peduli dan mendukung pemerintahan desa untuk mewujudkan swasembada pangan di Gandrungmangu ini, kedepan agar diadakan mesin pompa air, Karena tanpa air maka lahan pertanian tidak akan bisa digunakan untuk menanam Pajale. Red_Pendim0703