18 ADMIN KORAMIL JAJARAN KODIM CILACAP, DIBEKALI ILMU JURNALISTIK


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Dongkrak perolehan jumlah berita di media online maupun media cetak, Kodim 0703/Cilacap menyelenggarakan kegiatan pembekalan ilmu jurnalistik bagi prajuritnya. Kegiatan yang berlangsung di Aula Satya Kartika ini diikuti oleh 18 orang Admin Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap, Jum'at (21/9).

Dalam kegiatan ini, Kodim Cilacap mengundang Wartawan Senior dari Media Portal Komando, Kamsi Gotama sebagai pemberi materi. Selain untuk meningkatkan perolehan berita online, kegiatan ini bertujuan agar prajurit TNI mampu membuat berita yang baik dan benar dan layak untuk diberitakan.

Dandim 070/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto dalam pembukaan pelatihan mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar admin di masing-masing Koramil Jajarannya mengerti dan memahami serta memperdalam tentang bagaimana menulis dan membuat berita secara benar. " Pengetahuan ini diperlukan agar prajurit mampu mengemas naskah-naskah biasa menjadi naskah jurnalistik yang layak untuk diterbitkan dan menarik untuk dibaca,," kata Dandim

Dandim menilai peranan jurnalistik dalam pengolahan dan penyajian sebuah informasi sangatlah penting agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dihadapkan dengan peran Kodim sebagai Satuan Komando Kewilayahan, tentunya banyak kegiatan TNI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan mampu mengolah informasi dengan berita, diharapkan para admin di Koramil mampu mengemas berita menjadi menarik dan layak untuk dipublikasikan. " Informasi itu harus dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk membacanya," ujarnya.

Selain mendapatkan pembekalan ilmu tentang cara mengolah informasi dengan baik dan benar, para admin Koramil juga diajarkan tentang teknik pembuatan release berita dan foto jurnalistik. " Bukan hanya teori saja yang kita berikan, namun juga prakteknya. Harapannya mereka mampu mengolah informasi menjadi berita dan layak untuk dipublikasikan sehingga akan meningkatkan jumlah perolehan pemberitaan di Media Online." tutur perwakilan Wartawan Media Online Portal Komando, Kamsi Gotama. Red_Pendim0703