DALAM PENYULUHAN HUKUM SERMA MUSTADI INGATKAN LEMBAGA DESA, PARA KETUA RT DAN RW TENTANG BELA NEGARA


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Babinsa Kawunganten Koramil 09/ Kawunganten Serma Mustadi ingatkan Lembaga Desa dan Para  ketua RT/RW se Ds. Kawunganten tentang kesadaran Bela Negara. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam Bintek penyuluhan hukum Desa kawunganten bertempat di Balai Ds. Kawunganten, Rabu (19/09).

Kegiatan yang diikuti lembaga desa yaitu BPD, LPPMD, Para ketua RT dan RW se Ds. Kawunganten dihadiri Camat Kawunganten yang diwakili Kasi Trantibum Wagino, S. Sos.

Selain Bela Negara, Serma Mustadi juga mengingatkan bahwa "NKRI harga mati". Berbeda pendapat boleh saja apalagi memasuki tahun politik, perbedaan itu semakin kuat di masyarakat," ungkapnya.

Selaku Babinsa saya mengingatkan jangan mudah terprovokasi dan mudah terpecah belah karen BPD, LPPMD maupun RT/RW adalah mitra  Babinsa "mari kita bersinergi menjaga keamanan di Desa, "tegasya.

Kasi Trantibum Kec. Kawunganten atasnama Camat Kawunganten Wagino, S.Sos selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan hukum berlaku bagi seluruh WNI, termasuk didalamnya organisasi masyarakat (ormas). Sesuai PP pengganti Undangan-undang RI No. 2 tahun 2017 tentang Perubahan atas UU No.17 tahun 2013 tetang Ormas , dalam pasal 1 disebut bahwa ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Sesuai peraturan, seluruh ormas yang ada di Kec. Kawunganten khususnya Ds. Kawunganten harus tunduk dengan aturan tersebut," jelasnya.

Oleh karena saya mengingatkan baik ormas maupun Linmas yang ada di Ds. Kawunganten untuk bersama sama menjaga dan mengamankan wilayah serta tidak mudah terpecah belah, "tegas Wagino.    Red_Pendim0703