DANDIM 0703/CILACAP INGATKAN NETRALITAS TNI KEPADA SELURUH PRAJURITNYA


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto ingatkan seluruh prajuritnya untuk tetap menjaga Netralitas TNI menjelang Pilpres tahun 2018. Penegasan tersebut disampaikannya usai pelaksanaan upacara Pengibaran Bendera Minggu Militer di Lapangan Apel Kodim 0703/Cilacap Jln. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (24/9).

Dijelaskan Dandim, Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. " TNI itu tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak. TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis," katanya.

Dia kembali menjelaskan bahwa implementasi Netralitas TNI dalam Pemilu dilakukan dalam bentuk mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri. Untuk itu, Prajurit TNI harus menjaga netralitas, jangan terprovokasi oleh pihak-pihak yang dapat mencoreng nama baik TNI. Selain itu, Dandim juga mengingatkan agar berhati hati saat berfoto dengan tidak menggunakan salam 1 jari ataupun dua jari. " Gunakanlah salam komando dengan tangan mengepal sebagai ciri khas TNI, tegasnya.

Pada kesempatan upacara Bendera Merah Putih yang bertepatan dengan akhir bulan September, Dandim menyampaikan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan PNS atas semangat kerja sehingga Kodim 0703/Cilacap diberi kesempatan untuk mewakili Korem 071 pada lomba Binter Tingkat Nasional. Selain itu menurut Dandim, kegiatan kedepan semakin banyak, untuk itu hendaknya pada minggu militer ini dimanfaatkan dengan berbagai latihan guna mendukung satuan dalam menghadapi tugas kedepan yang semakin kompleks. Red_Pendim0703