DANDIM 0703/CILACAP PIMPIN UPACARA PEMAKAMAN MILITER ALMARHUM KOLONEL INF PURN. HERMANUS YOHANES LUMANAUW


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto bertindak langsung sebagai Inspektur upacara pemakaman militer Almarhum Kolonel Inf Hermanus Yohanes Lumanauw di Taman Makam Pahlawan (TMP) Surengrono Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Senin (17/9).

Sebelum pemakaman, juga telah dilaksanakan upacara persemayaman almarhum di Gedung Darma Mulia di Jln Dr. Soetomo Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan. Almarhum yang dilahirkan di Bandung pada tahun 1943 silam itu, meninggalkan dunia pada hari Sabtu sekitar pukul 23.45 wib di RS Fatimah Cilacap dikarenakan sakit dan meninggalkan 2 orang anak. Adapun bintang jasa yang telah disandangnya adalah SL kesetiaan 8 tahun, SL kesetiaan 16 tahun, SL kesetiaan 24 tahun, SL penegak dan Bintang Kartika Eka Paksi Narariya.

Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf Yudi Purwanto mengatakan bahwa prosesi pemakaman militer merupakan perwujudan dari pemghormatan terakhir dan sudah menjadi tradisi Korps yang dilakukan untuk menghormati arwah almarhum. " Sudah seharusnya kita mengenang dan menghormati segala jasa – jasa almarhum sebagai panutan dalam memgemban tugas kepada negara dan bangsa, serta mendoakan almarhum semoga mendapat tempat yang lebih baik disisi Allah SWT.” Ujarnya.

Dandim berharap kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan, semoga tabah dan mengikhlaskan atas kepergiannya dan berdoa semoga Almarhum diterima dan diampuni segala dosanya. " Atas nama pribadi dan keluarga besar Kodim 0703/Cilacap, saya mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya," imbuh Dandim.

Sementara itu perwakilan dari pihak keluarga melalui Mayjen TNI (Purn) Sularso menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kehadiran anggota TNI dari Kodim 0703/Cilacap, anggota Polri dan Pepabri yang turut serta mengantar kepergian almarhum sampai di peristirahatan terakhirnya di TMP Surengrono Jeruklegi. Menurut Mayjen TNI (Purn) Sularso, pesan almarhum yang masih terngiang dibenaknya adalah " Walaupun raga kita telah rapuh, namun jiwa semangat kita tidak boleh hilang". Itulah pesan terakhir Almarhum bahkan sebelum meninggalnya, almarhum sempat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dan Padamu Negeri, " terangnya.    Red_Pendim0703