DANRAMIL KESUGIHAN BERSAMA DINAS PERTANIAN ADAKAN REMBUG TANI SOLUSI PERCEPATAN MT 1 TAHUN 2018/2019


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Agus Sudarso bersama Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melaksanakan kegiatan Rembug Tani dalam rangka mencari solusi percepatan  Musim Tanam ( MT ) I Th 3018/2019 untuk komoditas padi yang dilaksanakan di kantor Balai Penyuluhan (BP) Kecamatan Kesugihan,Rabu (26/9/18).

Kegiatan Rembug Tani dihadiri ini oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap yang wakili ibu Erma S.P.,MM beserta jajarannya,Danramil 06/Ksg Kapten Inf Agus Sudarso, Koordinator Kelompok Pengelola Air Irigasi PU PSDA Citandui Serayu (Taru) Muhtarul Anam,UPTD pengairan Kroya,Kasi Kesra Kecamatan Kesugihan Agus Widodo serta Segenap Kepala Desa Se Kecamatan kesugihan, Kelompok Tani,Gapoktan dan PPL Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kesugihan.

Agus Widodo Kasi Kesra mewakili Camat Kesugihan menyampaiakan bahwa  masyarakat petani Kecamatan Kesugihan siap mendukung program-program Pemerintah,terlebih untuk peningkatan kualitas hidup warga desa,kami berharap dengan hasil rapat hari ini mohon kepada Ketua Poktan maupun Gapoktan serta Kades untuk menyampaikan kepada para petani kapan MT I  bisa dimulai sehingga bisa berjalan dengan baik serentak sehingga hasil pertanian bisa mencapai hasil yg baik dan maksimal” ucap Agus Widodo.

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, ibu Erma, SP.,MM mengatakan, rembug tani merupakan rangkaian kegiatan percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) yang dilaksanakan secara parsial di kecamatan-kecamatan melibatkan para petani langsung karena air dari dinas LSDA sdh di buka pada tgl 15 September kemarin di harapkan bulan oktober sudah mulai tanam pada MT I.

“LTT bukan sebagai beban namun menjadi kegiatan bersama yang tentu saja masyarakat tani yang akan merasakan efeknya dengan keberhasilan upaya khusus percepatan LTT padi jagung kedele yang sudah terbukti selama ini,” kata Erma

Berdasar pengalaman, harga gabah hasil panen cenderung tinggi pada Desember sampai Januari, maka dirembug dan disepakati petani siap mengawali musim tanam pertama  pada oktober 2018 supaya bisa panen sesuai waktu,apabila membutuhkan alsintan untuk mendukung LTT silakan kordinasi dengan dinas pertanian kabupaten,untuk pergantian varietas kalau ada di kecamatan kesugihan Dinas Pertanian di mohon supaya di beritahu sehingga bisa merubah SK,tapi terlebih dahulu di laksanakan sesuai kesepakatan petani sehingga tidak terlambat dalam penanamanya.

Seperti pada  15 Juli sampai  15 September 2018 , dilakukan perbaikan saluran Daerah Irigasi Serayu dan pengaliran kembali telah dilakukan sesuai jadwal namun secara bertahap, sehingga mobilisasi pompa air diperlukan untuk mempercepat masuknya air irigasi ke lahan. Sehingga masyarakat petani di wilayah Daerah Irigasi Serayu,  bisa segera melakukan olah tanah dan persemaian.karena bulan juni 2019 sudah mulai pengeringan kembali.

Kendala yg mungkin ada dirembug untuk dicarikan solusinya, sehingga petani bisa panen pada bulan Desember Januari, saat harga gabah tinggi dan tidak ada masa paceklik.

Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Agus Sudarso pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kami TNI melalui Koramil dan Babinsa  akan siap mendukung dan memberi memotivisai kepada para petani dan apa bila ada petani yang membutuhkan alsintan kami Kodim siap meminjamkan sehingga kesulitan petani bisa diatasi. Petani di Kecamatan kesugihan, harus bersemangat dan siap untuk  menyongsong MT I untuk kesejahteraan petani yang lebih baik.   Red_Pendim0703