KEGIATAN KARYA BHAKTI TNI AL, RESMI DITUTUP


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cilacap Selatan yang berlokasi di Jl. Bromo Kelurahan Sidakaya, telah dilaksanakan acara Puncak sekaligus Penutupan Kegiatan Karya Bakti TNI AL 2018 di lanjutkan Peninjauan Lokasi Karya Bhakti oleh Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, Kamis (27/9).

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Paban VI Wiltasla Spotmar Kolonel laut (E) Halili, S.H., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto. S.I.K, M.H, Pabandya Potwiltasla Spotmar Letkol Laut (P) Asep Muslim Sugiantoro, Asisten Administrasi Setda Cilacap Drs. Indro Cahyono, M.M, GM Pelindo III Tanjung Intan Cilacap Budi Siswanto, Perwakilan Pertamina RU IV Cilacap Bambang Purwito, Perwakilan KSOP Kelas II Cilacap, Nelson. Selain mereka, perwakilan dari beberapa perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Cilacap juga hadir dalam kegiatan itu.

Diawali laporan hasil kegiatan pelaksanaan oleh Mayor Laut (P) Agus Riyanto, Danlanal Cilacap mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para undangan  yang hadir pada acara puncak sekaligus Penutupan Karya Bhakti TNI AL TA. 2018. Dikatakan Danlanal, kegiatan Karya Bhakti TNI AL merupakan salah satu program kerja dari staf potensi maritim (Spotmar) dalam melaksanakan Dawilhanla guna menyiapkan ruang alat dan kondisi kejuangan (rak  juang) kemaritiman serta  mewujudkan kemanunggalan TNI AL dan rakyat melalui pembinaan potensi maritim.

Lebih lanjut dikatakan Danlanal, kegiatan karya bhakti ini merupakan kebijakan pimpinan TNI AL dimana untuk tahun 2018 wilayah Kabupaten Cilacap terpilih sebagai nominasi daerah dilaksanakannya kegiatan Karya Bhakti TNI AL. " Lanal Cilacap ditunjuk sebagai penyelenggara sekaligus pelaksana tugas guna mendukung kelancaran kegiatan tersebut." kata Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo.

Adapun pelaksanaan Karya Bhakti TNI AL TA. 2018 dilaksanakan diwilayah Kecamatan Cilacap Selatan tepatnya di Kelurahan Tegalkamulyan dan Kelurahan Cilacap selama 25 hari terhitung tanggal 1 hingga 25 September 2018. " Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan peran serta antara Lanal Cilacap dan Pemda dengan melibatkan instansi Pemerintah, kalangan Stake holder, organisasi kemasyarakatan serta komponen masyarakat," terang Danlanal

Kegiatan Karya Bhakti TNI AL ini bertujuan membantu Pemerintah Daerah guna mendukung akselerasi pembangunan wilayah, peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Cilacap, Hal ini melambangkan sebagai perwujudan kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam menumbuh kembangkan jiwa semangat kebersamaan, rasa kepekaan dan kepedulian. " Satu hal yang perlu digaris bawahi, bahwa keterlibatan TNI dalam proses pembangunan nasional, khususnya ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat, harus dimaknai sebagai panggilan tugas, wujud kepedulian dan rasa tanggung jawab, dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk melakukan intervensi atau mencampuri kewenangan lembaga lain." jelasnya

Dengan pemahaman tersebut, diharapkan akan diperoleh kesamaan visi dan persepsi dari segenap komponen bangsa untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. 

Kegiatan Karya Bhakti TNI ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik seperti Rehab tempat ibadah, TPI dan Rehab Posyandu serta pelayanan kesehatan umum, kesehatan Gigi, pelayanan KB bagi masyarakat pra Sejahtera, pemberian bantuan paket sembako, sosialisasi kesehatan, sosialisasi kesadaran bela negara, sosialisasi wawasan kebangsaan, sosialisasi narkoba dan sosialisasi HIV Aids.

Diakhir kegiatan, penyerahan secara simbolis bantuan-bantuan  serta diserahterimakan kegiatan fisik kepada perwakilan Rehab RTLH oleh Paban VI Wiltasla Spotmar Kasal, Bupati Cilacap dan Ketua DPRD Cilacap. Termasuk juga Rehab TPI, Posyandu dan Masjid. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan Cinderamata dari Aspotmar Kasal Kepada Bupati Cilacap, dari Danlanal kepada Camat Cilacap Selatan, Lurah Tegalkamulyan dan Lurah Cilacap. Red_Pendim0703