NGURI-NGURI BUDAYA SURAAN, BABINSA BERSAMA WARGA SAKSIKAN PAGELARAN WAYANG KULIT SEMALAM SUNTUK


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Demi melestarikan sekaligus nguri-nguri budaya suraan (sedekah bumi), Babinsa Bulaksari Sertu Sodirin bersama warga masyarakat saksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama Ki Dalang Kukuh Bayu Aji dari Banyumas dengan Lakon "Drona gugur", bertempat di Dsn. Medeng RT 03 RW 01 Ds. Bulaksari Kec. Bantarsari, Kamis malam (20/09).

Selain di hadiri warga masyarakat Ds. Bulaksari kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Bantarsari Yani Yhustianta, S.STP. MM, Anggota DPRD Kab. Cilacap dari fraksi partai Gerindra Suheri, Kades beserta perangkat Ds. Bulaksari, Lembaga Ds. Bulaksari BPD dan LPPMD, Kades se Kec. Bantarsari dan tokoh masyarakat Ds. Bulaksari.

Ditemui saat menyaksikan pagelaran wayang Babinsa Bulaksari Sertu Sodirin mengungkapkan selain nguri-nguri budaya, wayangan juga sebagai media pendidikan bagi anak-anak  hingga orang tua. Alhamdulillah dengan adanya pagelaran wayang kulit setiap bulan sura tentunya akan semakin melestarikan budaya kita, "ungkapnya.

Selain pergelaran wayang kulit peringatan suraan biasanya juga diisi dengan kegiatan seperti do'a bersama (Tahlil) maupun pengajian," jelas Sertu Sodirin.

Saat memberikan sambutan Kepala Ds. Bulaksari Suyono mengatakan kegiatan ini terwujud sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, khususnya di Ds. Bulaksari diberikan tanah yang subur gemah ripah loh jinawi.

Selain itu kegiatan ini terselenggara  berkat sumbangsih serta partisipasi seluruh warga masyarakat Ds. Bulaksari dan sponsor, semoga semua  mendapatkan balas yang setimpal dari Allah SWT, "harap Suyono.

Lebih lanjut di katakan, memasuki tahun 2019 khususnya di Ds. Bulaksari akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa dilanjutkan Pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden. Saya menghimbau agar masyarakat Ds. Bulaksari tidak mudah terprovokasi dan dapat menjaga keamanan dan kenyamanan dilingkungannya. "Gunakan hak pilih saudara dengan baik", himbaunya. Red_Pendim0703