PELDA SATIMAN, PERAYAAN SURO/LARUNGAN KE PANTAI SELATAN SEBAGAI WUJUD RASA SYUKUR


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Pelda Satiman Bamin Komsos Koramil 08/adipala, Mengsukseskan Budaya bangsa dan wujud rasa syukur dengan perayaan suro/Larungan ke pantai selatan,  Yang di laksanakan oleh padepokan agung sanghyang jati gunung selok di mandala giri Srandil kecamatan adipala kabupaten cilacap.Minggu(16/09).

Tampak jelas hadir dalam perayaan suro ini : Camat adipala Drs Teguh Prastowo M.si, Koramil 08/adipala Pelda Satiman, Iptu Anwar SH polsek adipala,  pembina Padepokan agung sanghyang jati gunung selok Bhikkhu Dhammatejo Thera,Bapak Samijo Dinas pariwisata cilacap, Bapak Ali Rohkani Dinas kehutanan banyumas timur, Kepala desa glempangpasir Sanwikarta dan tamu undangan dari cilacap, kebumen, banjarnegara lebih kurang 275 orang

Sebagai puncak perayaan larungan ini Camat adipala Drs Teguh Prastowo M.si menyampaikan : kami atas nama pemerintahan kecamatan adipala mengucapkan selamat tahun baru jawa 1 suro, dari perayaan suro ini kita ambil filosofinya buang yang jelek kita ambil yang baiknya, Oleh karena itu mari kita bersama sama mempererat tali silahturahmi antar sesama sehingga akan tercipta kerukunan hidup yang bersama aman tentrem.

Kemudian Pembina padepokan sanghyang agung jati gunung selok Bhiku Dhammatejo Thera mengatakan : puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul dalam acara tanggap warso enggal jawa 1952/2018. Dalam kehidupan sehari hari mari kita budayakan rasa saling menghormati agar kerukunan hidup antar umat beragama yang menjadi ciri khas Bhineka Tunggal ika bangsa indonesia tetap terjaga. Hidup gotong royong dan kebersamaan harua berjalan bersama sama dan saling melengkapi niscaya akan mengsejahtrakan bangsa indonesia.Mari kita bersama sama menjaga keutuhan bangsa dan negara kesatuan republik indonesia.

Di sela sela acara ini Pelda Satiman mengatakan : perayaan suro/larungan ke pantai selatan merupakan ritual 1 suro yang bertujuan untuk melestarikan budaya adat jawa. Ritual ini juga sebagai wujud rasa syukur nelayan atas melimpahnya tangkapan ikan dan sebagai doa tolak bala agar nelayan terhindar dari segala bahaya. Di samping itu semua acara ini juga dapat menarik wisatawan baik manca negara maupun lokal karena sarat akan adat dan budaya jawa.

Di perjelas lagi bahwa upacara perayaan suro/larungan sesaji ini sangat kental dan di percaya oleh warga cilacap umumnya dan  khususnya warga desa glempangpasir dan sekitarnya sebagai warisan budaya leluhur. Dengan demikian apa yang menjadi adat dan budaya bangsa patut kita lestarikan dan kita jaga agar kelak anak cucu kita dapat melihat dan merasakannya juga.Imbuhnya.   Red_Pendim0703