PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN GENERASI MUDA DI KECAMATAN MAOS


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Wujudkan karakter generasi muda yang berwawasan kebangsaan, Danramil 07/Maos Kapten Inf Joko Yunanto bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap, memberikan pembekalan  Wawaran Kebangsaan (Wasbang) terhadap Siswa/siswi SMAN Maos, SMK Budi Utomo 3 Maos dan Siswa/siswi MTs Maos yang digelar di Pendopo Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap, Kamis (20/9)

Kegiatan ini penting dilaksanakan guna meningkatan wawasan kebangsaan kepada generasi muda sekaligus menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan remaja dihadapkan dengan perkembangan zaman yang semakin kompleks dan dinamis. 

Menurut Danramil 07/Maos, seiring perkembangan dunia yang sangat pesat, tentunya diijuti dengan perkembangan tehnologi informasi yang cepat. Hal ini tentunya mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bagi para pemuda, perkembangan ini juga berpengaruh besar pada pola pikir mereka. " Pola kehidupan remaja atau generasi muda saat ini, masih banyak yang kurang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai Dasar Negara. Selain itu, peranan pemuda di Indonesia dalam membangun bangsa ini dinilai masih sangat kurang," terang Kapten Inf Joko Yunanto

Dia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, para pelajar dapat membentuk karakter mereka menjadi generasi muda yang cerdas, disiplin dan berwawasan kebangsaan serta cinta tanah air  sehingga mereka nantinya bisa menangkal ataupun menyaring baik budaya ataupun informasi yang datangnya dari luar dan banyak berkembang melalui media sosial.

Tidak hanya Danramil, keprihatinan terhadap generasi muda juga datang dari salah satu orang dari Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap Drs Wijonardi MSi. Menurutnya, di era globalisasi saat ini, peranan pemuda indonesia dalam membangun bangsanya dinilai sangat kurang. Untuk itu wawasan kebangsaan sangat penting diberikan kepada mereka agar peran serta generasi muda untuk kemajuan bangsanya semakin meningkat. 

Kegiatan peningkatan wasbang yang diikuti oleh sekitar 100 Siswa/siswi itu dihadiri oleh unsur Forkopincam Kecamatan Maos seperti Camat Maos Ahmad Husen S. Sos, Danramil 07/Maos Kapten Inf Joko Yunanto, Kapolsek Maos AKP Kiswoyo, Kepala KUA Kecamatan Maos Muhdir S.Ag. Red_Pendim0703