TK / PAUD / KB / SATUAN PAUD SEJENIS IKUTI PERAGAAN MANASIK HAJI


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Danramil 07/ Maos diwakili Batuud Pelda Tunto Menghadiri Acara semangat berhaji sejak usia dini bertempat dilapangan Maos kidul.

Kegiatan dihadiri Akp Kiswoyo, Pelda Tunto,Korwil Narti Spd.mpd,Dari Upt Puskesmas Dr.Sri Utami,KUA Hj.Indah Sag,Aiptu Ahmad Kohar,Serda Tofik,H.Hermanto Sag,H.Drs.Supratono.

Kegiatan ini diikuti 840 anak-anak usia dini dari Pendidikan Anak Usia Dini/KB/Satuan Paud sejenis se-Kec maos mengikuti kegiatan latihan manasik haji dilapangan desa Maos kidul dimaksudkan sebagai pembelajaran usia dini sekaligus menjadi edukasi bagi peserta didik.

Anak anak paud yang pintar dan rajin Kita sekarang sedang memperagakan atau mencontoh puncak nya haji,orang haji kalo tidak Wukuf tidak sah haji nya,harus mengulang lagi Wukuf arti nya berduri/berhenti ketika Beru bertemu Dewi hawa,setelah ratusan tahun turun dari surga dan terpisah tempat nya.

Hadi daerah Arafah itulah babi Adam AS saling ketemu mengenal dan menyayangi kembali maka disebut daerah Arafah. Itulah sejarah asal usul Wukuf di Arafah.

Di sini anak-anak  kita kenalkan dengan rukun islam yang kelima sejak usia dini supaya mereka mengenal dan mampu mengenalinya,Dan peserta didiknya menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji. Anak-anak tersebut begitu antusias mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh tim pelatihan manasik haji.

Dengan adanya pelatihan manasik haji ini, ia berharap anak didiknya bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, anak-anak juga ditanamkan pengetahuan sejak dini  sehingga mereka memiliki semangat serta cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Selain untuk menanamkan nilai-nilai dan ajaran islam kepada  anak sejak dini, yang tak kalah pentingnya peragaan manasik haji ini untuk lebih mempererat ukhuwah islamiah, baik antar sesama murid maupun  guru serta orang tua murid.  Red_Pendim0703