DANRAMIL 09/ KAWUNGANTEN, PEMBINA UPACARA DALAM PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Danramil 09/ Kawunganten Kapten Inf. S.U. Suwarjono menjadi pembina upacara dalam Peringatan hari kesaktian Pancasila SMP Negeri 3 Kawunganten, bertempat di Halaman SMP Negeri 3 Kawunganten Ds. Sidaurip Kec. Kawunganten, Senin (01/10). 

Upacara diikuti seluruh siswa-siswi SMP Negeri 3 Kawunganten, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kawunganten Anteng Widiastuti, S.Pd. M.Pd beserta dewan guru dan staf tata usaha.

Danramil 09/ Kawunganten Kapten Inf. S.U. Suwarjono dalam amanatnya mengatakan, "Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965 dimana telah terjadi tragedi yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S).

Gerakan tersebut ingin merubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis, dengan menculik Jenderal dan 1 Kapten serta beberapa orang lainnya. Sehingga pada masa Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S/PKI dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh pembina upacara, Pada kesempatan upacara hari ini marilah kita berdoa memohon kehadirat Allah SWT yang maha kuasa agar NKRI yang berdasarkan pancasila tetap kokoh, sentosa dan semoga kita dapat menjaga pancasila agar kelestarian sebagai falsafah bangsa dan dasar negara tetap terjamin.

Di samping itu kita sebagai generasi penerus wajib untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam 5 sila," jelas Danramil 09/ Kawunganten Kapten Inf. S.U. Suwarjono dalam amanatnya.

Usai upacara peringatan hari kesaktian Pancasila di halaman SMP Negeri 3 Kawunganten Kegiatan di lanjutkan dengan pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Danramil 09/ Kawunganten Kapten Inf. S.U. Suwarjono dan pemberian materi bahaya laten komunis oleh Serma Mustadi bertempat di GOR Ds. Sidaurip.  Red_Pendim0703

0 komentar: