PANGDAM IV DAN KAPOLDA JATENG, PIMPIN APEL 3 PILAR WILAYAH KABUPATEN CILACAP


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Apel 3 Pilar, Babinsa,  Bhabinkamtibmas dan Kades/Lurah dalam rangka mewujudkan Pileg, Pilpres 2019 yang tertib dan aman di wilayah Kabupaten Cilacap, digelar di Lapangan Apel Polres Cilacap Jl. H. Juanda No. 18 Cilacap, Selasa (2/10/2018).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam IV Mayjen TNI Wuryanto, Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, MM, M.HUM, dan dihadiri oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav. Dani Wardhana, S. Sos, MM, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Kolonel Laut Teguh Iman Wibowo, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto,  Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, S.I.K. M.H, Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol Inf. Kasid serta para tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Cilacap. 

Mengawali sambutannya, Kapolda mengajak kepada seluruh peserta apel untuk menundukan kepala sejenak sembari berdoa untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa dan tsunami di Palu dan Donggala provinsi Sulawesi Tengah agar diberikan kesrmbuhan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

Selain itu, didepan peserta Apel 3 Pilar, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono juga menyampaikan bahwa dalam setiap kesempatan dirinya terus mensosialisasikan tentang komitmen Netralitas kepada jajaran TNI dan Polri yang bekerjasama dengan Pemda serta stakeholder terkait.

Terkait Pileg dan Pilpres yang sudah memasuki masa kampanye, Kapolda menghimbau kepada ke tiga pilar untuk senantiasa selalu bersinergi untuk mewujudkan Kabupaten Cilacap yang aman tentram dan sejuk. "Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades atau Lurah adalah ujung tombak dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing," ucap Kapolda Jateng

Kapolda ingin para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa mampu mengatasi berbagai permasalahan di wilayahnya ditingkat bawah sehingga tidak menjadi persoalan yang muncul menjadi besar ditingkat atas. 

" Mereka harus memahami dengan tugasnya. Segera melapor cepat, mengatasi dengan cepat sebelum persoalan-persoalan itu menjadi konflik yang lebih besar. 

Selain itu, langkah untuk menghindari kemungkinan terjadinya gesekan di beberapa wilayah di Jawa Tengah, Kapolda dan Jajarannya juga sudah melakukan beberapa langkah strategis diantaranya dengan Pre emtif dan Preventif," ucap Kapolda

Hal senada juga disampaikan Pangdam IV Mayjen TNI Wuryanto. Ia berharap ketiga pilar baik Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun Kepala Desa saling bersinergi untuk menjalankan tugasnya dalam mewujudkan situasi Cilacap yang aman dan kondusif. " Yang bisa membuat situasi yang aman dan kondusif yaitu kalian bertiga, " jelas Pangdam.

Selain itu menurut Pangdam, peran merekalah yang membuat bangsa lain segan dan takut terhadap bangsa Indonesia, bukan karena persenjataannya namun karena kedekatan dan bersatunya antara unsur TNI, Polri dan Rakyat. 

" Salah satu yang paling ditakutin oleh bangsa lain adalah kalian yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala Desa, " jelas Pangdam lagi

Deteksi dini dan Cegah dini merupakan langkah yang tepat yang harus dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas dengan merangkul unsur pemerintahan terkait dalam mengatasi persoalan-persoalan. 

Pangdam dan Kapolda dalam kesempatan itu mengapresiasi kinerja tiga pilar ini. Apresiasi tersebut, diberikan karena peran ke tiga pilar itu, kondusifitas di wilayahnya dalam keadaan aman. 

" Saya apresiasi, karena dengan tiga pilar, hingga saat ini, situasi kamtibmas di wilayah Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Cilacap dalam keadaan aman dan kondusif," jelas KapoldaRed_Pendim0703

0 komentar: