ATASI PERMASALAHAN TANAH, DANDIM 0703/CILACAP TANDATANGANI SKB DENGAN KEPALA BPN CILACAP


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto hadiri acara Penandatanganan SKB antara Pangdam IV/Diponegoro dengan Kakanwil Provinsi Jawa Tengah dan DIY, dan Para Dandim dan Kakantah Kabupaten/Kota se Jateng dan DIY di Semarang, Jum'at (2/11/18).

Acara tersebut dihadiri Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryantoro, S.Sos., M.Si, Kakanwil ATR/BPN Provinsi Jateng Heri Santosa, para Dandim dan Kakantah Kabupaten/Kota se Jawa Tengah dan DIY. Satu hal yang dibahas dalam kegiatan tersebut diantaranya tentang percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari Inpres No.2 Tahun 2018 tentang percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dengan tujuan, memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara adil dan merata. Selain itu, hal ini merupakan upaya percepatan untuk mendorong ekonomi negara pada umumnya dan ekonomi rakyat pada khususnya. 

Dalam percepatan ini Pemerintah menargetkan tahun 2025 harus bisa mensertifikatkan tanah sejumlah 125 juta bidang yang ada di wilayah Indonesia. Untuk PTSL di wilayah Jateng ditargetkan 21 juta bidang, dari aset yang ditingkatkan. Diharapkan tahun 2023 seluruh wilayah Jateng sudah terdaftar secara keseluruhan. Kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka mendukung program PTSL serta percepatan pendaftaran pensertifikatan tanah.

Terkait dengan hal tersebut, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto siap mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sekaligus mengatasi berbagai permasalahan pertanahan di wilayah Kabupaten Cilacap dan melalui para Babinsanya, telah mendampingi dan membantu pihak BPN Cilacap di dalam mempercepat peningkatan PTSL yang ada di beberapa wilayahnya agar dicapai hasil yang meningkat.

Dalam kegiatan itu pula Dandim Letkol Inf. Yudi Purwanto dan Kepala BPN Kabupaten Cilacap Yuli Mardiyo menandatangani kerjasama percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) serta penanganan berbagai permasalahan pertanahan khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap. Red_Pendim0703