REMBUG WARGA, BABINSA HARAPKAN LKM OPTIMAL DALAM MENYERAP DAN MENGAKOMODASI ASPIRASI WARGA


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Wujud sinergitas tiga pilar kebangsaan, Babinsa Kelurahan Lomanis Sertu Catur Pambudi, anggota Koramil 01/Cilacap bersama Bhabinkamtibmas dan Lurah Lomanis hadiri Rebug Warga Tahunan (RWT) Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) Lembaga Keswadayaan Masyarakat di Pendopo Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap, Rabu (26/12)

Dalam kegiatan itu membahas tentang program Kotaku yang bertujuan meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan guna mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Kelurahan Lomanis merupakan salah satu wilayah perkotaan yang dinilai masih kumuh dikarenakan masih adanya jalan setapak dan drainase yang masih sangat kurang sehingga banyak genangan air. Hal ini membuat wilayah itu kumuh dan rentan terhadap berbagai penyakit. 
Menyikapi hal ini, Lurah Lomanis Erma Suyanto, S.Sos sangat mendukung penuh dengan program Kotaku. Bahkan dalam penanganan genangan air, dia mengusulkan perlunya pembuatan "KANAL" agar pembuangan air di wilayahnya lancar. 

Progam Kotaku sendiri di koordinir Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) direalisasikan untuk bantuan dana infrastuktur yang kondisi sarana dan prasarananya tidak memenuhi syarat seperti jalan lingkungan, drainase, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, pengelolaan air limbah, pengamanan kebakaran dan ruang terbuka publik.

Selaku Babinsa, Sertu Catur mengapresiasi dengan adanya Lembaga Keswadayaan Masyarakat. Baginya lembaga ini terbuka dan menerapkan prinsip-prinsip transparansi, demokrasi, partisipasi serta akuntabilitas. Dia berharap LKM/BKM mampu secara optimal menyerap dan mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan tentang pembangunan terus meningkat dan tumbuh secara alamiah.

" Semoga dengan adanya lembaga ini khususnya Kelurahan Lomanis tambah makmur dan adil sesuai apa yang di harapkan warga Lomanis terkait pembangunan lingkungannya," harap Sertu Catur Pambudi. Red_Pendim0703