SAMBIL MELEPAS LELAH, BABINSA NGOPI BARENG PETANI


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Babinsa Koramil 07/Maos, Jajaran Kodim 0703/Cilacap, Serda Tofik ngopi bareng dengan petani sambil memantau perkembangan tanaman padi di wilayah binaannya di Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. 

Mendampingi petani merupakan salah satu tugas Babinsa yang merupakan kegiatan upaya khusus (Upsus), guna mendukung program Swasembada Pangan Nasional. Pada pelaksanaan kegiatan membantu perkembangan tanaman padi. Sambil beristirahat, Babinsa ngopi bareng petani, guna menghilangkan rasa lelah  sekaligus membahas perkembangan tanaman padi.

Lebih lanjut, Serda Taufiq menyampaikan, ngopi bareng sambil melepas lelah ini  sarana bagi Serda Taufiq dalam mempererat dan menjalin kerjasama antara Babinsa dan para petani untuk menunjang pelaksanaan tugas kewilayahan.

" Pendampingan kepada para petani merupakan tugas rutin seorang Babinsa, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu terpenuhinya program peningkatan Swasembada Pangan yang sudah dicanangkan oleh  Pemerintahan di wilayah Kodim 0703/Cilacap," ungkapnya.

Sidin pemilik lahan menjelaskan, bahwa tanaman padinya sudah berumur sekitar 40 hari, kali ini sedang dilaksanakan penyiangan rumput pengganggu tanaman, selain itu juga telah dilakukan  pemupukan sekali.

" Alhamdulillah perkembangan pertumbuhan tanaman padi kami cukup baik, hal ini karena selain perawatan yang maksimal juga karena ketercukupan adanya kebutuhan air," tuturnya.

Sidin juga berharap, ketersediaan air bisa tercukupi sampai nanti menjelang panen, karena saat ini di musim penghujan.

" Semoga air irigasi lancar hingga nanti menjelang panen, sehingga pertumbuhan tanaman padi tidak terganggu dan hasil panen dapat maksimal," terangnya.   Red_Pendim0703