SERDA WIKO SOSIALISASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA KEPADA TP PKK DAN KADER GIZI DESA DANASRI LOR


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Babinsa Danasri Lor Koramil 05/Nusawungu Serda Wiko Andriyanto hadir dan turut serta sosialisasikan Nilai-nilai Pancasila yang diberikan kepada Tim Penggerak PKK dan Kader Gizi Desa Danasri Lor di Balai Desa Dinasri Lor Kecamatan Nusawungu, Jumat (28/12/2018).

Kegiatan tersebut juga dihadiri aparat desa setempat seperti halnya Hadi Pramono selaku Pj. Kepala Desa Danasri Lor dan Sekdes Saimun. Tanpak hadir pula Babinkamtibmas Ipda Andi Farasi, Kordinator PLKB Kecamatan Nusawungu Bambang Nuryanto dan Ibu-ibu Tim Penggerak PKK dan Kader Gizi Desa Danasri Lor sejumlah 40 orang.

Pada kesempatan itu selaku Nara Sumber, Serda Wiko menjelaskan bahwa wujud kesadaran Bela Negara merupakan tekad, sikap, perilaku dan tindakan bela negara yang juga merupakan bagian dari upaya penguatan karakter dan jati diri Bangsa yang berkepribadian dan berkebudayaan, membela Negara tidak hanya dilakukan oleh militer saja, tetapi juga mereka yang bukan militer.

Disamping itu ia juga menjelaskan bahwa Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat istiadat, budaya dan nilai religius yang dimiliki bangsa Indonesia yang memiliki fungsi untuk membentuk identitas dan mempersatukan Indonesia dan memberi stabilitas arah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia berharap, para ibu-ibu agar bisa menjadi figur yang baik sehingga menjadi contoh dan panutan bagi anak-anak dan keluarga serta di masyarakat. Didalam keluarga, seorang ibu harus memberikan contoh yang baik dalam segala hal kepada anak-anaknya seperti halnya ketika marah-marah di depan anak anak, karena itu contoh yang tidak baik. 

" Sayangi dan jaga anak-anak kita agar tujuan dan cita-cita hidupnya ke depan akan lebih terarah dengan membiasakan komunikasi yang baik dalam keluarga baik kepada suami dan anak-anak, termasuk juga jangan memaksakan kehendak kepada anak-anak,” ajaknya.

Lebih lanjut ia menghimbau, agar selalu mendoakan yang terbaik buat anak-anaknya dalam kondisi apapun. Jangan sekali kali terucap kata-kata yang tidak baik kepada anak-anak, karena setiap ucapan ibu merupakan doa bagi mereka.
" Saya juga meminta agar ibu-ibu lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial, sehingga tidak menimbulkan permusuhan ataupun fitnah terhadap orang lain,“ pintanya.

Melalui kegiatan sosialisasi nilai-nilai Pancasila ini dirinya berharap kepada seluruh peserta  mendapatkan manfaatnya yang kemudian mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari harinya. Red_Pendim0703