TINGKATKAN HASIL PERTANIAN, BABINSA TERUS DAMPINGI KELOMPOK TANI TANAM PADI


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Tingkatkan hasil pertanian di wilayah binaannya, Koramil 09/ Kawunganten melalui Babinsanya terus dampingi Kelompok Tani (Poktan) dalam melaksanakan penanaman padi. Hal itu dilakukan agar para petani lebih giat dan termotivasi dalam meningkatkan hasil pertanian yang muaranya meningkatkan kesejahteraannya.

Sebagaimana yang dilakukan  Sertu Mulyanto, Koptu Sahono dan Praka Tri wahyono. Bersama PPL Pertanian, mereka turun ke sawah untuk menanam padi di sawah milik Pujiyatno, Ketua Poktan "Karya Makmur" Dusun Karangreja Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari, Kamis (20/12).

Selain motivator bagi para petani kegiatan pendampingan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung program Swasembada pangan Pemerintah khususnya program UPSUS PAJALE (Padi, Jagung, Kedelai).

Hal itu juga telah berulangkali disampaikan oleh Danramil 09/ Kawunganten Kapten Inf. S.U. Suwarjono bahwa para Babinsa Koramil Kawunganten akan selalu berupaya terjun langsung dan bersinergi dengan PPL Pertanian dalam hal pendamping program UPSUS PAJALE karena terbukti melalui pendampingan Babinsa, hasil pertanian petani dari tahun ke tahun semakin meningkat. 

Dijelaskan Sertu Mulyanto, saat ini para petani yang ada di wilayah binaannya mendapatkan bantuan benih padi jenis Mekongga dari Pemerintah. Dengan bantuan benih ini, diharapkan para petani semakin bersemangat dalam bercocok tanam. " Kegiatan pendampingan ini semata mata untuk mendorong dan memotivasi para petani agar lebih giat dalam meningkatkan hasil panen demi terwujudnya swasembada pangan, "jelas Sertu Mulyanto.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Koordinator BP. Pertanian Bantarsari melalui PPL Pertanian Desa Bulaksari Anang Atmojo, A.md yang mengatakan bahwa setiap tahunnya Pemerintah melalui Kementan selalu mendukung kebutuhan petani baik benih maupun kebutuhan pupuk. " Hal ini sebagai upaya demi tercapainya swasembada pangan khususnya Pajale", ungkapnya. Red_Pendim0703