Batiwanwil Hadiri Deklarasi Pemuda Kawunganten Mengawal Pemilu Damai dan Anti Hoax


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Wujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang damai serta anti hoax di wilayah Kecamatan Kawunganten, Batiwanwil Koramil 09/Kawunganten Serka Sodirin menghadiri Deklarasi Pemuda Kawunganten Mengawal Pemilu Damai dan Anti Hoax, bertempat di Pendopo Kecamatan Kawunganten, Kamis (03/01/2019).

Selain Deklarasi, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Kecamatan KNPI  Kawunganten tersebut, dirangkaikan dengan pelaksanaan Sosialisasi dan Penyusunan Program Kerja Pengurus yang di hadiri Camat Kawunganten di wakili Kesra Suroso, S.IP, Kapolsek Kawunganten yang diwakili Brigadir Eko. S, Ketua KNPI Kawunganten Sumardiyono beserta pengurus serta segenap Ketua Organisasi Kepemudaan se Kecamatan Kawunganten.

Deklarasi yang dilakukan oleh para pemuda Kawunganten ini tentunya wujud kepedulian pemuda yang ingin pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 nanti berjalan dengan aman lancar dan anti hoax. Hal itu juga yang disampaikan oleh Ketua KNPI Kawunganten Sumardiyono serta Kasi Kesra Kecamatan Kawunganten Suroso, S.IP, bahwa KNPI merupakan gabungan dari beberapa organisasi kepemudaan. Dengan deklarasi ini mereka berharap, pemuda bisa turut mensukseskan hajat Negara dengan cara menjaga iklim kondusif di lingkungan masing-masing. 

Selaku Batiwanwil Koramil 09/ Kawunganten Serka Sodirin dalam kesempatan itu juga mengingatkan, bahwa selaku pemuda sekaligus warga negara, mempunyai tugas yang sama yaitu bela negara. Hal itu sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 yang berbunyi, Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara.

Menurut dia, kewajiban kita sama walaupun porsinya berbeda-beda. Dalam menghadapi Pilkades serentak maupun Pemilu nantinya, diharapkan pemuda bisa menciptakan situasi yang kondusif serta tidak mudah terpecah belah dihadapkan dengan perbedaan dalam menentukan pilihan.

" Terkait deklarasi Pemilu damai dan anti hoax, saya berpesan gunakan media sosial dengan bijak, saring setiap berita yang masuk dan jangan langsung di share ke orang lain sehingga kita tidak terkena pasal penyebaran berita hoax, " kata Serka Sodirin kepada mereka. Red_Pendim0703