Cegah Penyakit Demam Berdarah, Babinsa Bersama UPTD Binangun Melaksanakan Kegiatan Fogging


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Cegah penyebaran penyakit Demam berdarah (DB) di wilayah binaannya, Babinsa Kepudang anggota Koramil 04/Binangun Kodim 0703/Cilacap Sertu Masino, bersama dengan Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Binangun Dr. Lini Nur'aini melaksanakan kegiatan Fooging bertempat di Desa Kepudang RT 12 dan RT 13 RW 01 Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap, Selasa (15/01).

Kegiatan itu dilakukan mengingat saat dilakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) beberapa hari yang lalu ditemukan adanya kasus peningkatan DBD di Desa Kepudang khususnya RT 12 dan RT 13/01 serta adanya jentik nyamuk Aides Agepty di 5 rumah dari 20 rumah yang diperiksa sehingga dikhawatirkan terjadi penularan.

Kali ini, tidak hanya kegiatan fooging saja yang dilakukan oleh Babinsa dan UPTD Puskesmas Binangun namun mereka juga memberikan penyuluhan tentang bahaya penyakit demam berdarah serta cara pencegahannya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah meluasnya penyakit Demam berdarah di wilayah itu. 

" Selain itu semua, kita juga menghimbau kepada seluruh warga agar peduli dengan lingkunganya, salah satunya dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan di sekitar rumah," kata Dr. Lini Nur'aini selaku Kepala UPTD Puskesmas Binangun saat ditemui disela sela kegiatan.

Terlebih lagi bagi Sertu Masino. Selaku Babinsa, dia merasa berkewajiban untuk mensosialisasikan cara pencegahan penyakit demam berdarah agar warga di wilayah binaannya tidak terkena lagi penyakit demam berdarah. Bagi dia, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Babinsa kepada warganya dalam mencegah menyebarnya penyakit Demam berdarah.

" Musim ini waktu yang tepat bagi nyamuk untuk berkembang biak. Maka dari itu kita bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Binangun melaksanakan Fooging agar nyamuk tidak berkembang sehingga harapanya warga tidak ada lagi yang terkena penyakit Demam berdarah." Tandasnya. Red_Pendim0703