Upaya Memperkuat Ketahanan Nasional, TNI Cek Tanah Milik TNI AD


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Babinsa Koramil 05/Nusawungu, Kodim 0703/Cilacap Serma Mustika Irwan Hudin melakukan pengecekan  patok batas tanah milik TNI AD di desa Karang Tawang, Kecamatan Nusawungu,  kabupaten Cilacap, Kamis (03/01).

"Tanah aset milik TNI AD merupakan barang milik negara yang perlu diamankan baik dari segi fisik, non fisik dan administrasi. Aset milik negara ini perlu didaftarkan ke dalam Inventarisasi kekayaan milik negara, guna menghindari penyerobotan tanah milik TNI AD dan meredam keinginan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atas Aset Tanah Milik TNI AD.  " kata Babinsa Karang Tawang Serma Mustika saat melakukan pengecekan batas patok tanah.

Dijelaskan Serma Mustika,  pengecekan patok batas tanah ini merupakan agenda rutin serta merupakan perintah langsung Komando Atas. Tujuannya, lanjut Ia, untuk mengantisipasi patok tersebut agar tidak rusak atau hilang. Karena, menurut Ia, permasalahan batas patok tanah sangat rawan.

"Alhamadulilah patok kondisinya masih bagus dan tidak bergeser, tetap seperti semula hanya perlu dicat ulang biar kelihatan jelas," ujarnya. 

Ia melanjutkan, tanah bagi TNI sangatlah penting sebagai pertahanan NKRI dalam melaksanakan kebijakan pertahanan negara dan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan bangsa. 

Untuk meralisasikan tugas-tugas tersebut, sambung Ia, TNI harus mempunyai dukungan dari komponen pendukung yang tangguh, diantaranya sumber daya alam nasional. 

Selain itu, Serma Mustika Irwan Hudin juga selalu memberikan himbauan kepada warga desa binaannya agar setiap pengambilan tanah guna mengurug bangunan di dekat  berbatasan dengan tanah TNI AD supaya jaraknya minimal 2 meter dari patok batas tanah.

Salah satu dari warga penggarap tanah Desa Karang Tawang, Kasimin juga menyampaikan terima kasih kepada bapak Babinsa yang selalu memantau dan  mendampingi guna mengecek batas - batas tanah TNI AD dengan tanah milik warga Desa Karang Tawang, diharapkan kerjasama yang sudah terjalin baik antara Babinsa dan warga  selalu dipertahankan.  Red_Pendim0703