Peran Aktif Babinsa Koramil 13/Majenang, Turun ke Sawah Dampingi Petani Tanam Padi


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Upaya mensukseskan Program Swasembada Pangan terus dilakukan oleh Jajaran Kodim 0703/ Cilacap Khususnya. Di wilayah Koramil 13/Majenang, para Babinsanya aktif melakukan pendampingan para petani guna meningkatkan hasil pertaniannya. 

Hal itu yang dilakukan oleh Peltu Kusna, Pelda Miskun, Serma Supriyadi, Serma Subaidi dan Sertu Slamet dengan terjun langsung ke sawah guna membantu dan memotivasi petani dalam tanam padi di Demplot Kodim 0703/ Cilacap milik Gapoktan Manunggal Karso Abdurrahman dalam tanam padi sistim jajar legowo di desa Mulyasari Kecamatan Majenang, Selasa (5/2/19).

Dijelaskan oleh Serma Supriyadi bahwa Babinsa selain berperan sebagai jembatan penghubung antara petani dan pemerintah, hal itu juga diwujudkan dengan upaya pendampingan sebagai motivator kepada petani agar lebih giat dalam meningkatkan hasil pertaniannya.  Babinsa juga menganjurkan agar dalam penanaman padi menggunakan sistim jajar legowo karena sistim ini telah terbukti berpengaruh bagi peningkatan hasil panen para petani. 

" Kita selalu memberi motivasi dan semangat serta dorongan agar para petani menanam padi dengan sistim tersebut, karena dalam satu hektarnya hasil panennya bisa selisih lebih banyak antara dua sampai tiga Kwintal gabah Basah," tutur Serma Supriyadi

Serma Supriyadi juga menyampaikan bahwa dengan tanam padi sistim jajar legowo selain meningkatkan hasil panen, juga mempermudah  dalam penanggulangan hama tanaman, perawatan dan pemupukan secara berimbang pada tanaman padi. 

Sementara itu bagi pemilik lahan sawah Abdurrohman sangat mengapresiasi upaya Babinsa yang selama ini dinilai telah banyak membantu para petani yang ada di desanya sehingga di wilayah Kecamatan Majenang, hasil panen padi petani terus meningkat dari pertahunnya. " Kami sangat berterima kasih sekali kepada Babinsa, bukan hanya memberi arahan dan bimbingan saja kepada para petani namun juga ikut serta terjun ke sawah dan memberi contoh tanam padi sistim jajar legowo " ucapnya.

Sementara itu secara terpisah , Danramil 13/Majenang Kapten Inf Agus Sudarso membenarkan upaya yang sela ini dilakukan Babinsanya. Hal itu menurutnya sebagai upaya TNI dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. " Dengan Babinsa turun ke sawah, para petani diharapkan lebih giat lagi dalam bertani untuk mensukseskan program swasembada pangan dan dengan pendamping ke Kelompok tani di harapkan kendala di lapangan dapat segera di laporkan kepada Babinsa maupun PPL setempat, " Ujar Danramil 13/ Majenang.   Urip Azhari_Pendim0703