Sebelum Memanen Padi, Gapoktan Sumber Makmur Adakan Syukuran


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Sebagai bentuk rasa syukur karena tanaman padi menghasilkan, para petani Desa Maos Lor, Kecamatan Maos,  Kabupaten Cilacap khususnya Gapoktan Sumber Makmur  mendatangkan para Babinsa Koramil 07/Maos beserta Unsur Forkompimcam Maos, Rabu ( 13/02 ).

Selain mengundang unsur Forkompimcam, Gapoktan Sumber Makmur Desa Maos Lor juga kedatangan tamu tim Sergap dari Sterad yang didampingi Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) beserta Kepala Staf dan para Danramil jajarannya.

Dalam kesempatannya, Danramil 07/Maos, Kapten Inf Joko Yunanto mengatakan, acara yang diselenggarakan ini  dalam rangkaian syukuran panen raya padi Gapoktan Sumber Makmur Desa Maos Lor dan kunjungan tim Sergap dari Sterad.

" Kita bersyukur dengan warga kami khususnya Gapoktan Sumber Makmur Desa Maos Lor yang sudah bisa dikatakan maju dalam pertaniannya, dan bahkan pertanian di Desa Maos lor dalam satu tahun bisa panen padi dua kali, dan hasilnya melimpah." Ujarnya.

Danramil Maos mengaku, hampir seluruh desa di wilayah binaannya adalah penghasil padi sawah ini. "Panen raya kali ini adalah hasil musim tanam Okmar (Oktober-Maret)," katanya.

Sambung Kapten Joko, jika para petani di wilayah binaannya hampir tidak menemui kendala berarti. Pasalnya, anggota Babinsanya dan PPL aktif dalam pendampingan, dan saat musim penghujan sawah-sawah yang ada aman dari kebanjiran. Pun demikian disaat musim kemarau juga aman dari kekeringan." Sebab wilayah kita ini pengairannya cukup baik.

Lebih lanjut, Ketua Gapoktan Sumber Makmur Sudarjo mengakui, berkat dukungan TNI (Babinsa) dari Koramil Maos yang aktif dalam pendampingan pertanian bersama PPL kini panen padi lebih meningkatkan.

" Tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh petani dalam musim tanam hingga musim panen, dukungan bibit unggul dan pupuk serta pendampingan langsung dari Babinsa dan PPL membuahkan hasil yang sangat memuaskan para petani, " tutur Sudajo.  Sutaryo_Pendim0703