Cegah DBD, Danramil Cilacap Utara Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Inf Taryun menghadiri Apel Bersama dalam rangka Launching Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Serentak dilaksanakan di halaman kantor kelurahan Tritihkulon,kecamatan Cilacap Utara, Jumat (1/3).

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Forkompimcam Cilacap Utara,Korwil Pendidikan Cilacap Utara,CRQ PT.Holcim Rubiarsih,Lurah sekecamatan Cilacap Utara,Kepala Puskesmas Cilacap Utara I Dr.Ety Putranti dan Tim Penggerak PKK kecamatan Cilacap Utara. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan hari jadi ke-163 kabupaten Cilacap tingkat kecamatan Cilacap Utara dan untuk mengantisipasi terjadinya Demam Berdarah. Apel Gebyar PSN tingkat kecamatan Cilacap Utara yang dipusatkan di halaman kelurahan Tritihkulon ini dipimpin langsung oleh Camat Cilacap Utara Sunarti,S.STP.MM.

Dalam arahannya, ia mengatakan bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang bisa dicegah,namun pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui nyamuk Aedes Aegypti ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus ada komitmen bersama seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan pencegahan melalui PSN, ucapnya.

Jangan sampai kita semua lengah terhadap DBD, Pengawasan dan Pemberantasan jentik nyamuk harus rutin diberantas, bersihkan air di tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan juga rutin melakukan pemantauan jentik nyamuk baik di rumah, kantor maupun sekolah,dengan kerjasama semua pihak, dalam waktu singkat wilayah ini bisa mencapai standar bebas jentik dan DBD, tegas Camat Sunarti.

Disela kegiatannnya Komandan Koramil 18/Cilacap Utara Kapten Inf Taryun mengatakan "Dengan adanya PSN ini tentunya akan semakin memotivasi warga untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap jentik nyamuk. Kami Koramil 18/Cilacap Utara dan para Babinsa juga akan melakukan penyisiran di titik-titik yang sekiranya menjadi tempat berkembang nyamuk aedes aeypti dan tentunya kita berantas bersama", tutur Danramil.

Usai apel Gebyar PSN langsung berkeliling ke perkampungan dan rumah rumah penduduk wilayah kecamatan Cilacap Utara untuk melakukan pemantauan jentik nyamuk dan juga berdialog dengan warga terkait permasalahannya.  Eko_Pendim0703