MAKODIM 0703/CILACAP


Kodim 0703/Cilacap merupakan Satuan Teritorial yang berkedudukan di Kabupaten Cilacap  dengan luas wilayahnya sekitar 6,2%, bagian utara adalah daerah perbukitan yang merupakan lanjutan dari Rangkaian Bogor di Jawa Barat, dengan puncaknya Gunung Pojoktiga (1.347meter), sedangkan bagian selatan merupakan dataran rendah. Kawasan hutan menutupi lahan Kabupaten Cilacap bagian utara, timur, dan selatan. 

Di sebelah selatan terdapat Pulau Nusa Kambangan, yang memiliki "Cagar Alam Nusa kambangan". Bagian barat daya terdapat sebuah inlet yang dikenal dengan Segara Anakan.

Kodim 0703/Cilacap terletak di pusat kota kabupaten Cilacap yang berada di tepi pantai Samudra Hindia, dan wilayahnya juga meliputi bagian timur Pulau Nusa Kambangan. 

Kodim 0703/Cilacap membawahi 18 Koramil terdiri dari 24 Kecamatan antara lain Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karangpucung, Sidareja, Cipari, Gandrungmangu, Kedungreja, Patimuan, Bantarsari, Kawunganten, Kampung Laut,  Jeruklegi, Kesugihan, Maos, Sampang, Kroya, Adipala, Binangun, Nusawungu, Cilacap Utara, Cilacap Tengah dan Kecamatan Cilacap Selatan.

Kodim 0703/Cilacap di bawah  Korem 071/Wijayakusuma yang beralamat di Jalan Jenderal Soedirman D-1 Cilacap, Kodim 0703/Cilacap di bawah Pimpinan Komandan Kodim/0703/Clp Letkol Inf Yudi Purwanto, lulusan AKABRI Tahun 1998 yang telah mempunyai banyak pengalaman baik di satuan tempur maupun di Satuan Teritorial (KOWIL).

Letkol Inf Yudi Purwanto menjabat sebagai Komandan Kodim 0703/Cilacap mulai tanggal 30 September 2017. Sejak menjabat sebagai Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Yudi Purwanto mulai melakukan manuver guna kemajuan Kodim 0703/Cilacap dengan mengunjungi wilayah terpencil, mendengarkan berbagai kesulitan dan kendala dilapangan sehingga kedepan diharapkan mampu meminimalisir kesulitan dan kendala yang ada.