Breaking News

Koramil 07/Maos Latih Siswa Siswi SMP N 3 Maos Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Bamin Koramil 07/Maos Serma Puryanto dan Babinsa Karangreja Kopda Wartono melatih Siswa siswi SMP N 3 Maos berupa materi tata upacara bendera dan peraturan baris berbaris bertempat di halaman sekolah SMP N 3 Maos, Kamis (17/1).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang siswa, adapun tujuanya adalah untuk melatih kepemimpinan serta membangun rasa percaya diri, membangun disiplin serta bisa bersosialisasi dilingkungan. Selain itu akan meningkatkan sikap tenggang rasa dan bertanggung jawab.

Disela sela latihan Serma Puryanto mengatakan siswa adalah generasi muda yang nantinya menjadi penerus bangsa, mereka merupakan bagian terpenting dalam pembangunan bangsa kedepan.

 "Untuk itu perlu tindakan konkrit guna membina dan melatih para siswa agar mendapatkan pendidikan yang sesuai dan layak guna menyalurkan minat dan bakat baik secara akademis maupun non akademis, serta menangkal radikalisme agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negative dari pesatnya perkembangan zaman", terangnya.

Kopda Wartono menambahkan melalui latihan baris berbaris ini akan mempertebal semangat kebangsaan cinta tanah air, menanamkan semangat nilai nilai kepahlawanan. "Adapun materi yang kami berikan sebagai bekal para siswa siswi yaitu Tata Upacara Bendera yqng meliput rangkaian tindakan atau gerakan dengan susunan secara baik dan benar serta tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin", jelasnya.

Adapun Inti latihan baris berbaris yang perlu di perhatikan yaitu sikap dan penampilan, hentakan kaki, tegas, rata – rata air, irama langkah, kewajaran tenaga dan konsentrasi, imbuhnya.

Materi latihan baris berbaris yang kami ajarkan antara lain sikap sempurna, istirahat, lencang ka/ki, setengah lencang ka/ki, lencang depan, berhitung, perubahan arah, buka dan tutup barisan, bubar  jalan, berhimpun, berkumpul dan meninggalkan barisan, pungkas Kopda Wartono. Red_Pendim0703