Breaking News

Pesan Dandim Cilacap Dalam Talkshow Yang Disiarkan Langsung Yes Radio Cilacap


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - " Lebih Dekat Dengan Dandim Cilacap " itulah tema program Talkshow yang secara langsung disiarkan Yes Radio FM 104,2 Cilacap tepat pukul 11.00 Wib, pada Rabu (9/01) dengan menghadirkan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M. Tr (Han) sebagai Nara sumber. 


Dalam acara tersebut Dandim mengisahkan perjalanan hidupnya mulai dari kecil hingga menjadi prajurit TNI dimana prestasi tebaik selalu diraihnya sehingga pada akhirnya bisa masuk untuk mengikuti pendidikan militer di Akmil Magelang pada tahun 1998 dan berpredikat pula menjadi yang terbaik. Bagi Dandim, motivasinya untuk menjadi prajurit TNI adalah sosok Panglima Besar Jenderal Sudirman yang demikian sangat besar jasa, pengorbanan dan pengabdiannya terhadap bangsa Indonesia. 

Terkait gelar M.Tr (Han) yang disandangnya, Dandim menjelaskan bahwa gelar itu diraih setelah mengikuti pendidikan di Lembaga Pendidikan Pertahanan dimana salah satu program studinya adalah strategi pertahanan darat. Sedangkan gelar S 2 diraih bersama para Mahasiswa dari Luar Negeri dan Dandim salah satunya yang terpilih untuk mengikuti pendidikan di luar negeri. 

Banyak pertanyaan maupun ucapan selamat yang disampaikan baik dari penyiar Radio maupun sahabat  Swara Yasfi Indah, Facebook resmi Yes Radio. Terkait dengan tugas kemiliteran, banyak tugas Operasi perang maupun non perang yang telah dilaksanakannya baik didalam negeri maupun diluar negeri. 

Bagi Dandim, tugas adalah ibadah, amanah dan pengabdian. Pengalaman tugas operasi adalah anugerah dan dijalaninya dengan penuh kebanggaan karena hal itu merupakan wujud rasa syukurnya. Untuk itu pengalaman tugasnya di daerah rawan konflik, penanganan bencana alam menjadi Khasanah dan referensinya untuk selalu berpijak pada rasa syukurnya dan pengalaman tugas di pendidikan di Luar Negeri untuk menyempurnakan pada setiap latihan. 

" Tugas tempur sudah menjadi tugas pokok TNI untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, namun disisi lain disaat ada saudara kita yang terkena musibah, dibutuhkan kepekaan dan kepedulian kita terpanggil jiwa dan hati untuk mereka," ucap Dandim 

Kehadiran TNI harus bisa memberikan kontribusi, sumbangsih dan tanggungjawab sebagai Prajurit yang cinta rakyatnya. TNI berasal dari Rakyat, Bersama Rakyat dan nanti kembali menjadi Rakyat. Bersama Rakyat TNI Kuat dan Bersama TNI rakyat Aman dan Sejahtera.

Dia menyadari menjadi Dandim tidaklah mudah dan juga tidaklah sulit, namun bagi Dandim, setelah beberapa bulan menjabat, ia melihat masyarakat Cilacap sangat humanis, sangat fisioner dan konstruktif dan salah satunya diundangnya Dandim oleh Yes Radio. Ini adalah salah satu integritas yang dimiliki warga yang turut mengayubagyo membangun daerahnya. 

Salah satu yang Dandim lihat adalah kepedulian masyarakat Cilacap. Baginya, kepedulian adalah mata airnya kepemimpinan. Jadi siapapun yang menunjukan kepedulian, itulah mata air kepemimpinan orang tersebut yang menetes dan mengalir didarahnya. 

Terkait dengan perkembangan teknologi menurut Dandim, kita harus peduli dan suport karena itu penting sebagai penyempurna, fasilitas dan media untuk mendarmabaktikan kepada bangsa dan negaranya. Pada kesempatan ini, Dandim berpesan kepada generasi muda untuk tetap menjaga norma-norma kehidupan. 

Menurutnya, perkembangan teknologi boleh saja namun norma dasar kehidupan berbangsa dan bernegara serta budaya tidak boleh bergeser karena itu ciri khas budaya dan rohnya rakyat Indonesia yang harus kita pegang tinggi.  

" Norma dasar, cinta tanah air, nasionalisme dalam bingkai NKRI, Pancasila sebagai dasar negara harus kita pegang teguh karena nyatanya Pancasila lah yang mampu mengintegritaskan semua golongan dan kalangan dengan pluralismenya bersatu padu dalam bingkai NKRI dan bertekat mengibarkan dwi warna Sang Merah Putih serta menggemakan pembangunan Nasional dan tidak melupakan sejarah karena sejarah merupakan energi untuk membangun Bangsa dan Negara Indonesia, " pungkasnya.    Red_Pendim0703