Breaking News

Serma Mustadi Bina Kesadaran Bela Negara, Pembina dan Guru Perwakilan Dabin se Kawunganten


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Melalui kegiatan Pramuka, Batituud Koramil 09/ Kawunganten Serma Mustadi berikan materi Bela Negara kepada 50 orang Pembina dan Guru perwakilan Daerah Binaan (Dabin) se Kecamatan Kawunganten, bertempat di SD Negeri 02 Sarwadadi, Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten, Rabu (23/01).

Diawal sambutannya Ketua Kwaran Gerakan Pramuka 110102 Kawunganten Tri Nursanto, M.Pd, menjelaskan, kegiatan penyuluhan kesadaran Bela Negara dalam gerakan Pramuka di Kwaran 110102 Kawunganten merupakan bagian dari program kerja (Progja). Melalui kegiatan ini dia berharap rekan-rekan Pembina dan Guru nantinya bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga paham akan arti dan makna Bela Negara serta bisa menanamkan kepada para siswanya. 

Sementara itu selaku narasumber Bela Negara, Batituud Koramil 09/ Kawunganten Serma Mustadi menjelaskan bahwa kesadaran Bela Negara tidak di peroleh dari lahir, namun harus dipupuk sedari usia dini. Untuk itu menjadi kewajiban bersama untuk menumbuh kembangkan kesadaran bela negara pada anak usia sekolah melalui berbagai kegiatan termasuk halnya kegiatan Pramuka. 

Menurutnya, Pramuka sebagai gerakan non formal, mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung dan menunjang kegiatan Bela Negara di lingkungan sekolah. Hal itu sebagaimana tercantum dalam Dasa Dharma Pramuka ke 3, yang bermakna bahwa Pramuka mendidik jiwa patriot dan kesatria, sehingga lewat gerakan Pramuka diharapkan terwujud manusia yang serbaguna dan patriotik dari sejak usia dini hingga dewasa. 

" Karena Bela Negara merupakan tanggungjawab semua warga negara, saya berharap keterlibatan semua komponen masyarakat tanpa terkecuali gerakan Pramuka Kwaran 110102 Kawunganten untuk sama-sama menanamkan Bela Negara sejak dini di sekolah melalui peran para Pembina dan Guru di masing-masing Dabin se Kecamatan Kawunganten, "tegas Serma Mustadi.    Red_Pendim0703