Breaking News

Sinergitas Koramil Kedungreja Menjaga Kesenian Ronggeng Ibing


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Pelda Mislam Batituud Koramil12/Kedungreja didampingi Babinsa Serda Hamdan. P dan Satpol PP ,Linmas serta ormas PP bersinergi melaksanakan pemantauan wilayah sekaligus pembinaaan teritorial saat pengamanan hiburan Ronggeng seni ibing dari desa Karangsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, yang bertempat di Dusun Kalenwedi RW. 01/RW. 01 Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan, Selasa(8/1).

Kemajemukan budaya masyarakat di wilayah Cilacap bagian barat seperti halnya Kecamatan Pattimuan sangat kental dengan nuansa Sunda. Menjaga kelesetarian budaya nusantara merupakan suatu kewajiban bersama salah satunya kesenian Ronggeng ibing, ini adalah kekayaan budaya bangsa Indonesia dari Jawa Barat.

"Pada hakekatnya kesenian ini adalah seni ibing / Joged rame - rame satu arah dan posisinya melingkar dan  mennyambung, disitu terlihat unik karena pesertanya baik pria, wanita, tua maupun muda berjoged satu irama berputar keliling bergantian tempat terus dengan dipandu suara kendang jaipong ciri khas sunda", terangnya.

Sebagai aparat komando kewilayahan kami terus bersinergi dengan seluruh komponen baik pemerintah desa, kepolisian, Satpol PP, Linmas dan ormas Pemuda Pancasila, sekaligus untuk mempererat silaturahmi dan komunikasi sosial. Terlihat kebersamaan ini pada saat pengamanan hiburan Ronggeng pada malam hari ini yang dihadiri oleh 75 orang, jelas Pelda Mislam. Red_Pendim0703