Breaking News

Babinsa Bantu Warga Dirikan Pos Kamling


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap -  Motivasi warga untuk mengamankan wilayah desanya, Babinsa Karangkemiri, Koramil 07/Maos, Kopda Wartono terjun langsung dalam kegiatan gotongroyong warga mendirikan Pos Kamling yang berlokasi di Jalan Cendrawasih RT 2/2 Desa Karangkemiri, Kecamatan Maos, Selasa (26/02).

Tujuan didirikannya Pos Kamling ini disamping membangkitkan aktifitas ronda malam, warga juga bisa memantau perkembangan situasi dilingkungannya dari berbagai kerawanan sosial. Selain itu semua, banyak fungsi dan manfaat dari kegiatan pos kamling.

" Bila Pos Kamling kita aktifkan, kita bisa mendeteksi dini indikasi kemungkinan terjadinya bencana alam, apalagi saat ini tengah memasuki musim penghujan, termasuk kerawanan lainnya, dengan demikian segala bentuk indikasi gejolak dapat kita antisipasi sejak dini," terang Kopda Wartono menjelaskan disela-sela kegiatannya kepada warga.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan tentang beberapa manfaat kegiatan ronda malam dalam menjaga keamanan lingkungan. Selain mengantisipasi terjadinya bencana alam, juga banyak ancaman keamanan lainnya seperti pencurian, perampokan maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.

" Selain itu semua, kegiatan ronda ini sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan atau piket," terangnya.

Sementara itu, Gino selaku Ketua RW menuturkan bahwa selama ini masyarakat merasa resah jika terjadi pencurian, umumnya pada malam hari. Berkat saran dan ajakan dari Babinsa, masyarakat tergugah betapa pentingnya Pos kamling. Ujang selaku Ketua RT setempat juga sangat sependapat dan berterimakasih kepada Babinsa yang selalu perhatian kepada warganya tentang keamanan lingkungan.

" Alhamdulillah kesadaran warga mulai tergugah akan pentingnya keamanan lingkungan sehingga secara swadaya, mereka hari ini membangun pos kamling dan pelaksanaannya dilakukan secara bergotongroyong diatas tanah  milik Dodo dengan ukuran 2x2,5 meter ini," tutur Ujang.

Dia berharap dengan dibangunnya pos kamling ini, kesadaran setiap warganya akan semakin tumbuh dalam menjaga keamanan lingkungannya. Sutaryo_Pendim0703