Breaking News

Beri Semangat Petani, Babinsa Sidasari Maos Bantu Panen Padi Poktan "Gintung Jaya"


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap -  Sebagai tindak lanjut MoU Kementrian Pertanian RI dengan Markas Besar Angkatan Darat, Satuan Jajaran TNI di kewilayahan terus eksis dilakukan dalam rangka mewujudkan Program Swasembada Pangan Nasional. Hal itu pula yang dilakukan oleh Koramil 07/Maos, Jajaran Kodim 0703/Cilacap. Melalui Babinsanya, mereka terus melaksanakan pendampingan panen padi para petani di wilayah binaannya.

Salah satunya Sertu Marhadi, Babinsa Sidasari Kecamatan Sampang, bersama anggota Koramil 07/Maos lainnya membantu Kelompok Tani "Gintung Jaya" yang di Ketuai Sehat Santosa, melaksanakan panen padi di lahan sawah milik Sujadi di Desa Sidasari dengan luas 1 hektar yang di tanami padi jenis IR, Kamis (21/2).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para petani dalam mengolah lahan pertaniannya sehingga diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan hasil panen padi para petani di wilayahnya yang imbasnya akan meningkatkan kesejahteraan petani.

" Kita ingin hasil padi para petani di wilayah ini tiap tahunnya selalu meningkat sehingga upaya khusus yang dilakukan Babinsa berhasil karena selain memberikan pendampingan, kita juga menghimbau kepada para petani untuk tidak menjual padinya ke wilayah lain melainkan ke mitra bulog yang ada di wilayah Cilacap ini," tutur Sertu Marhadi.

Sementara itu, Sehat Santosa, Ketua Kelompok Tani "Gintung Jaya" mengungkapkan bahwa hasil panen padinya saat ini terbilang tidak terkendala hama dan mengalami percepatan sejak awal pengolahan lahan hingga panen sehingga hasil ini memiliki nilai keuntungan yang lebih. Menurutnya  ini semua karena pendampingan yang intensif dari Babinsa maupun PPL yang sering memberikan arahan.

" Babinsa bersama PPL sering kali turut turun ke lahan untuk ikut menanam, memupuk dan lain-lain di lahan-lahan milik kelompok tani "Gintung Jaya" hal ini sungguh memberikan semangat kepada kami para petani, untuk lebih giat dalam mengelola lahan pertanian." tutur Sehat Santoso Urip_Pendim0703