Breaking News

Cegah Penularan Demam Berdarah, Babinsa Bantu Lakukan Fogging


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Babinsa Jepara Wetan Koramil 04/Binangun Serda Suwarto, bersama petugas dari Dinkes Kabupaten Cilacap dan UPTD Puskesmas Kecamatan Binangun melaksanakan Pengasapan (fogging) untuk membasmi dan mencegah penyebaran nyamuk penyebab Demam Berdarah (DB), yang berlokasi di Rt.02 dan 03 Rw 01 Desa Jepara Wetan Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Kamis (07/02) 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bapak Muhajir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap beserta rombongan, Bapak Wahyudin UPTD Puskesmas Binangun beserta rombongan, Aiptu Joko Prasetyo Babinkamtibmas, Serda Suwarto Babinsa Desa Jepara Wetan, Bapak Kiswo Kades Jepara Wetan, Bapak Nasib Kadus 1, Ibu Aprilinanda Bidan Desa, serta Ketua Rt 02 dan 03 dan Ketua RW 01 Desa Jepara wetan.

Bapak Muhajir Perwakilan dari Dinkes Kabupaten Cilacap, mengatakan fogging adalah cara untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Karena tujuan dari fogging ini adalah membasmi nyamuk dewasa, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membasmi berkembangnya nyamuk penyebab Demam Berdarah (DB).

"Di Desa Jepara Wetan ini khususnya di Rt.02 dan Rt. 03 dari hasil penelitian dan pemantauan sudah ada beberapa warga yang terindikasi terkena DB, sehingga perlu dilakukan pengasapan (fogging) di dua lokasi tersebut", jelasnya.

Di sela kegiatan, Serda Suwarto menyampaikan, Babinsa memang harus peduli terhadap lingkungan wilayah binaanya dan terus berperan aktif di masyarakat seperti membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan(fogging) dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lainya,” ajak Babinsa.  Tarwan_Pendim0703