Video

ads header

Breaking News

Dialog Publik Dandim 0703/Cilacap di Radio Cahaya FM


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Mendekatkan peran TNI dengan masyarakat, Selaku Narasumber Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han), mengisi acara Dialog Publik edisi Dialog Bercahaya (info kita) yang disiarkan langsung di Studio Radio Bercahaya FM Jln. MT. Haryono No. 22 Cilacap Kelurahan Lomanis, Cilacap, Kamis (14/02).

Dengan topik "TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahun 2019" itu, menyampaikan beberapa progam unggulan yang dilakukan Kodim 0703/Cilacap bersama dengan Instansi terkait lainnya dalam upaya membantu dan meningkatkan akselerasi pembangunan serta mensukseskan program Satuan TNI dalam pelaksanaan serbuan teritorial. 

TMMD adalah salah satu bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa Karya Bhakti yang merupakan program kerja lintas sektoral antara TNI, Departemen Lembaga Pemerintahan non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan. 

Hal ini bertujuan membangkitkan rasa kebangsaan dan kebersamaan serta semangat kegotongroyongan masyarakat desa dalam rangka meningkatkan pembangunan dan sarana perekonomian serta terjalinnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Dalam acara dialog publik tersebut, selaku Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) harus dapat, bisa memimpin dan mengendalikan pelaksanaan program TMMD. Dan selaku Dansatgas, dirinya juga harus bertanggungjawab kepada Danrem 071/Wijayakusuma selaku penanggungjawab, untuk mensukseskan pelaksanaan program TMMD. 

Dipandu Delia, pada acara tersebut Dandim juga menjelaskan kepada audiens mengenai kriteria yang menjadi sasaran program TMMD sehingga program tersebut azas manfaatnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya di daerah pedesaan yang masih tertinggal. Desa Dayeuhluhur dinilai menjadi salah satu desa yang perlu mendapat perhatian bersama dan membutuhkan pemerataan pembangunan. Wilayah itu banyak infrastrukrur yang belum terbangun termasuk halnya sasaran fisik lainnya seperti rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta sasaran non fisik lainnya. 

Selain di wilayah ini, kegiatan TMMD terus dilaksanakan di beberapa wilayah lainnya yang dinilai sangat membutuhkan pembangunan. Hambatan dan kendala sering kali menyertai pelaksanaan program TMMD namun sejauh ini bisa diatasi seperti halnya cuaca ekstrim dan potensi bencana alam lainnya. 
Melalui para Danramil dan Babinsa serta Pemerintah desa, spektrum ancaman itu telah kita data serta menginformasikan kepada masyarakat sebagai langkah awal untuk mencegah terjadinya bencana.

Dalam kegiatan dialog ini ada beberapa pertanyaan dari audiens seperti halnya dari Nina melalui Whatsapp yang dikirimkan Radio Cahaya FM serta Judi, warga negara Indonesia yang berada di Hongkong. Mereka menanyakan tentang peran TNI dalam kegiatan Panen raya padi dan jagung di wilayah Kabupaten Cilacap serta pemberdayaan perempuan dan anak muda. 

Hal itu juga dipaparkan Dandim mengenai apa yang sudah dilakukan oleh Kodim, Koramil dan para Babinsa dengan melakukan pendampingan pertanian serta pembinaan terhadap generasi muda termasuk halnya kegiatan pramuka dan wawasan kebangsaan. Selain itu juga beberapa program lainnya yang telah dikoordinasikan dengan instansi lainnya seperti Dinsos dan Dinas tenaga kerja berupa pembekalan, program kemampuan dan kemandirian.

" Mereka merespon positif dengan apa yang dilakukan oleh TNI sehingga mendorong kita untuk membangun dan memberikan darma bakti dan kontribusi sehingga mereka kelak menjadi manusia yang memiliki visi dan dapat berpikir secara konstruktif dan bertindak secara visionel dan berdampak positif bagi keluarga, lingkungan dan bangsanya, " tandas Dandim.  Urip A_Pendim0703