Breaking News

Hadapi Pilkades Serentak 2019, TNI Polri Cilacap Melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap -  Hadapi Pilkades Serentak 2019, TNI Polri Cilacap Melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan 

Cilacap - Pasukan TNI Gabungan dari Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap dan Subdenpom IV 1-1 Cilacap bersama Polri Polres Cilacap melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Lapangan Apel Mapolres Cilacap, Jln Ir H. Juanda No. 18 Cilacap, Selasa (19/2).

Kegiatan tersebut dihadiri pejabat Forkopimda Kabupaten Cilacap, Dandim 0703/Cilacap dalam hal ini diwakili Danramil 01/Cilacap Kapten Kav. Nur Shohib Ansori, Danlanal diwakili oleh Kapten Laut Suhajar, Ketua Kejaksaan Negeri Cilacap Berdiaman Simalango, Kepala BPBD Cilacap Tri Komara, Wadan Yonif 405/SK Mayor Inf. Eko N. Beslar, Kepala Subdenpom IV Kapten Cpm Tardjono, para Danramil jajaran Kodim 0703/Cilacap serta undangan lainnya.

Kapolres Cilacasp AKBP Djoko Julianto, S.I.K, MH selaku pemimpin apel mengatakan bahwa 
Apel ini dimaksudkan untuk memantapkan kesiapan atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya Penyelenggaraan Pilkades Serentak Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Cilacap.

Sesuai agenda Tahapan Pilkades Serentak 2019
di wilayah Kabupaten Cilacap, saat ini memasuki tahapan pemungutan suara yang mana Polres Cilacap telah menurunkan 567 personelnya untuk melaksanakan tugas pengamanan pemungutan suara dan penghitungan suara yang terbagi di 177 desa, 20 kecamatan.  
Pelaksanaan pengamanan sampai dengan pasca pemungutan suara dan penghitungan suara Pilkades selesai agar situasi kamtibmas kondusif.

" Pesan saya, pahami tugas pokok di TPS dan laksanakanlah tugas pengamanan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keiklasan karena kita semua mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mengawal terselenggaranya Pilkades Serentak 2019 di Wilayah Kabupaten Cilacap secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (LUBER JURDIL) serta aman sesuai peraturan yang telah diatur dan disepakati," kata Kapolres

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan kepada seluruh anggota TNI dan Polri untuk netral tidak memihak kepada salah satu paslon dan tidak memberikan dukungan apapun dalam konteks ucapan dan tindakan kepada para Calon Kades peserta Pilkades Serentak tahun 2019. Untuk TNI dan Polri akan ada ancaman sanksi tegas terhadap siapapun yang melanggar kebijakan karena tugas disini untuk mengamankan jalannya pemungutan suara sesuai dengan cara bertindak/CB serta protap yang telah ditentukan oleh masing masing Kesatuan.

" Jalin komunikasi dan kebersamaan, jangan sampai terjadi kesalahpahaman secara anggota dan apabila ada permasalahan, Pimpinan atau Komandan Satuan terkecil segera mengambil alih apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Koordinasikan serta laporkan segera secara berjenjang ke atas, agar masalahnya segera dapat teratasi dan tidak meluas." pesannya

Pilkades Serentak tahun 2019 sendiri di wilayah Cilacap akan dilangsungkan pada hari Rabu 20 Februari 2019, tentunya kerawanan pasti akan timbul baik dilihat dari kwantitas maupun kwalitasnya. Maka perlu adanya dukungan dari semua pihak untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam menghadapi kerawanan yang ada. Ikuti selalu perkembangan situasi serta tidak menganggap remeh permasalahan karena sekecil apapun informasi akan sangat bermanfaat untuk dikaji, dipelajari dan di klarifikasi sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin.

Selaku Kapolres mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh pejabat terkait penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun 2019 di wilayah Kabupaten Cilacap dan personel yang terlibat langsung maupun tidak langsung melaksanakan pengamanan dimana situasi sampai dengan saat ini cukup aman dan kondusif. " Kita pertahankan sampai dengan pelaksanaan Pilkades dinyatakan selesai dan salah satu Kades terpilih." tutupnya. Urip_Pendim0703