Breaking News

Ini yang dilakukan Babinsa Pasca Terjadinya Pergerakanan Tanah Longsor di Desa Sadabumi


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Pasca terjadinya pergerakan tanah longsor yang terjadi di Desa Sadabumi Kecamatan Majenang yang terjadi beberapa hari yang lalu, Babinsa Sadabumi Koramil 13/majenang Sertu Sekhan turun langsung memantau perkembangan situasi di lokasi pergerakan tanah longsor di Desa Sadabumi Kecamatan Majenang, Selasa (12/02).

Selain untuk mengetahui perkembangan atau kondisi terakhir di wilayah itu, kedatangannya juga memberikan ketenangan dan rasa aman serta memberikan himbauan kepada mereka untuk mewaspadai terhadap bencana susulan. 

" Melihat saat ini sedang musim hujan dan cuacanya pun cukup ekstrim, saya sebagai Babinsa tentunya berkewajiban untuk memberikan ketenangan kepada warga sekaligus menghimbau untuk selalu waspada terhadap terjadinya bencana alam susulan karena tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi lagi," tutur Sertu Sekhan 

Hal itu ia sampaikan ke warga guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terhadap warga Desa Sadabumi. Namun demikian menurut dia, hal ini hendaknya disikapi dengan hati yang tenang. Selain mewaspadai terhadap bencana susulan, tentunya harus disertai langkah langkah yang preventif guna mengurangi resiko akibat terjadinya bencana as lam tersebut. 

Dalam beberapa hari kedepan, hujan lebat diprediksi akan terus mengguyur wilayah Majenang dan sekitarnya. Tidak hanya tanah pergerakan tanah longsor yang terjadi di Desa Sadabumi, beberapa wilayah lain juga mengalami kebanjiran seperti halnya yang terjadi di Sungai Cikalong Desa Mulyasari sehingga mengakibatkan tanggul jebol di Desa Mulyadadi. Bahkan hal itu yang menjadi pemicu terjadinya pergerakan tanah longsor yang terjadi di Desa Sadabumi.

Tidak hanya Babinsa, Rokib selaku Kepala Desa Sadabumi juga mengharapkan hal yang sama. Dikesempatan itu dirinya juga mengingatkan kepada warganya untuk tetap menjaga kesehatan karena pada musim penghujan ini seringkali menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti Demam berdarah (DBD) dan lain sebagainya. 

" Di musim penghujan ini kita harus tetap waspada, karena hal-hal buruk lainnya bisa saja sewaktu - waktu menimpa kita, baik terhadap bencana alam ataupun bahaya lainnya seperti halnya timbulnya berbagai penyakit " jelasnya.

Selain memberikan himbauan kepada warga, anggota Koramil 13/Majenang lainnya juga mendirikan Posko bencana alam dengan mendirikan tenda dari Koramil 13/ Majenang√¨ dengan bekerjasama dengan Pramuka perduli bersama dengan warga masyarakat sekitar yang dipimpin oleh Ketua RT setempat, Rusdi. Urip Azhari_Pendim0703