Breaking News

Koramil 13/Majenang Bersama Gapoktan Manunggal Karso Aplikasikan Pupuk Organik Wijayakusuma Nutrition


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Setelah melakukan sosialisasi pupuk organik “Wijayakusuma Nutrition” kepada para petani melalui Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan), kini Kodim 0703/Cilacap melalui jajarannya, Koramil 13/Majenang  melakukan  penyemprotan perdana dengan menggunakan pupuk organik Wijayakusuma Nutrition.

"Penyemprotan perdana kali ini dilakukan di lahan Demplot Kodim 0703/Cilacap, Desa  Mulyasari, Kecamatan  Majenang, Kabupaten Cilacap di   lahan milik Abdurahman, Poktan "Manunggal Karso" seluas 1 Hektare." Terang Serma Moh. Subaidi Batituud Koramil 13/Majenang.

Kegiatan penyemprotan perdana ini dihadiri oleh PPL Kecamatan Majenang Tasrini, Batituud Koramil 13/Majenang Serma Moh. Subaidi, Babinsa Serma Supriyadi, Sertu Akhmad Ansori, Serda Sihabul Khair dan  para petani dari Gapoktan Manunggal Karso, serta  disaksikan langsung oleh pihak produksi pupuk organik Wijayakusuma Nutrision Bapak Rudi dari Purwokerto.

Setelah digelarnya sosialisasi pemakaian Pupuk Organik Wijayakusuma Nutrition di wilayahnya Majenang, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han)  mengatakan, pihaknya sangat mendukung program yang sangat berguna dan bermanfaat baik bagi petani dan masyarakat luas.

"Kodim Cilacap akan mendukung dan mendorong penggunaan pupuk organik, karena pupuk organik Wijayakusuma Nutrition menjaga kesuburan tanah sehingga pengolahannya akan lebih mudah dan akan menambah hasil produksinya. 

Selain itu, padi yang dihasilkan dari pupuk organik juga akan menghasilkan organik yang lebih sehat dikonsumsi,’’ jelas Letkol Wahyo, saat dikonfirmasi Pendim 0703/Cilacap, Senin (04/02/2019).

Letkol Wahyo menilai, dengan digunakannya pupuk organik Wijayakusuma Nutrition, nantinya harga jual hasil panen akan lebih tinggi, ketimbang menggunakan jenis pupuk kimia lainnya. Pasalnya masyarakat saat ini telah menyadari manfaat tanaman dengan menggunakan pupuk organik bagi kesehatan tubuh.

"Bila menggunakan pupuk organik Wijayakusuma Nutrition, harga beras tinggi, pendapatan meningkat, petani pun akan sejahtera,” imbuhnya.

Melihat tingginya pemanfaatan penggunaan pupuk organik tersebut, Kodim 0703/Cilacap  menyediakan satu lahan milik Poktan Manunggal Karso untuk Demontration Plot (Demplot) yang dijadikan percontohan untuk dipromosikan ke para Gapoktan yang ada diwilayah Koramil 13/Majenang.

"Untuk saat ini yang digarap Satu Hektar sebagai Demplot yang nantinya akan kita sebarluaskan kepada Gapoktan di seluruh wilayah Kodim 0703/Cilacap," jelasnya.

"Nanti akan kita lihat perkembangannya mulai dari pasca pengolahan lahan hingga pelaksanaan tanam padi sampai masa panen." Imbuh Dandim.  Sutaryo_Pendim0703