Video

ads header

Breaking News

Panen Jagung di Kawunganten Membanggakan


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap -  Hasil pertanian jagung Poktan "Sri Mulya 2" di Desa Kalijeruk RT. 01 / RW. 04,  Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap musim ini sangat membanggakan. 

Berdasarkan data yang dihimpun Babinsa Koramil 09/Kawunganten, Serka H. Maksudi mengatakan, untuk luas tanam jagung di Desa Kalijeruk seluas 300 Hektar berada di lahan milik Perhutani. Wilayah Kalijeruk dan Mentasan menjadi sentra jagung di wilayah Kecamatan Kawunganten," kata Maksudi, Itu diketahui dari hasil pengubinan yang dilakukan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Bersama Babinsa Kecamatan setempat, Selasa (19/2).

Untuk kelompok tani Sri Mulya 2 memiliki lahan seluas 25 Hektar, ditanam jagung jenis Bisi 226 dan setiap tahunya memang ditanam beberapa jenis jagung yang lain seperti, jagung Bisi 2 dan  jagung tongkol besar.

Dijelaskan Serka Maksudi, hasil panen ini termasuk bagus untuk wilayah Desa Kalijeruk. Dengan kerja sama ini, dia berharap bisa memotivasi para petani dan masyarakat sekitar. Lebih giat dan berpartisipasi dalam membantu panen dan merontokan jagung.

" Kami akan terus menjaga ketahanan pangan. Pendampingan terhadap petani juga akan kami tingkatkan lagi," bebernya.  

Ketua Poktan Sri Mulya 2 Jiman mengaku, pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan Babinsa kepada masyarakat sudah memberikan hasil positif, dari mulai mengolah lahan, tanam dan panen hingga merontokkan jagung.

" Kami mengharapkan kerja sama petani dan TNI dalam bidang pertanian terus dilanjutkan. Demi menciptakan ketahanan pangan, juga kemandirian masyarakat tani." tandasnya. Urip_Pendim0703