Breaking News

Selepas Pertemuan, Persit Ranting 04 Koramil 03/Kroya Belajar Membatik


KODIM 0703/CILACAP | Cilacap - Sebagai bentuk perhatian terhadap seni batik yang merupakan warisan budaya luhur, Persit KCK Ranting 04 Koramil 03/Kroya selepas acara pertemuan  mengajak pengurus beserta anggota untuk menambah keterampilan belajar membatik, yang dilaksanakan di Makoramil 03/Kroya, Kecamatan Kroya, Selasa (12/02).

Ketua persit KCK Ranting 04 Koramil 03/Kroya Ny. Tugirun  menyampaikan bahwa kesenian batik adalah budaya asli yang berasal dari Indonesia. " Kita sebagai orang Indonesia harus nguri-uri kebudayaan kita sendiri. Dan kali ini Kita membatik dengan menggunakan teknik Sibori dari Jepang." Ujarnya.

Batik memang khas dan memiliki nilai seni tersendiri, oleh karena itu, ibu-ibu Persit ini sangat penasaran dan ingin belajar membatik. "Sembari mempraktikkan cara membatik, dengan memegang canting dan membubuhkan lilin khusus untuk membatik." Imbuhnya.

" Keterampilan menggunakan canting dan menggoreskannya di atas kain juga tergantung pada bakat seni dari orangnya.” Jelas Ny. Tugirun.

Setiap orang akan berbeda hasilnya, tergantung pada goresan yang ditimbulkan. Batik tulis akan terlihat detailnya, agak lebih berbeda antara tiap motifnya, karena goresannya juga berbeda.  Sutaryo_Pendim0703