Breaking News

Babinsa Karangpucung Dampingi Poktan Sendang Mulya Panen Padi

Babinsa Karangpucung Dampingi Poktan Sendang Mulya Panen Padi

KODIM 0703/CILACAP | Karangpucung Babinsa Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Pelda Cipto melaksanakan pendampingan panen padi bersama Kelompok Tani (Poktan) Sendang Mulya di areal sawah Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Selasa (9/4).

Seperti diketahui memasuki musim panen babinsa secara intensif melakukan pendampingan kepada petani yang tergabung dalam poktan sebagai komitmen untuk mendukung upaya khusus swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

 Pendampingan panen padi juga salah satu upaya memantau sergab ( serapan gabah) untuk menjaga stok beras nasional. Pelda Cipto sadar betul akan tugasnya sebagai bagian dari satgas sergab dengan melakukan pendampingan pasca panen.

Pelda Cipto mengatakan Kelompok Tani Sendang Mulya sedang bersukaria, hal ini bukan tanpa alasan,  panen kali ini dengan varietas padi Ciherang, mampu menghasilkan profitas sebesar 10,7 ton per hektar, suatu capaian yang cukup maksimal dan membuat para petani merasa puas.

"Aksi yang kami dilakukan dengan turun langsung membantu petani di sawah ini diharapkan dapat memotivasi petani, sekaligus bisa melakukan pendampingan untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan para petani yang bermuara meningkatnya perekonomian petani", terang Pelda Cipto.

Dikso selaku Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sendang Mulya mengaku senang dan bangga karena hasil panen padi yang di capai saat ini meningkat. "Hal tersebut bisa terwujud karena koordinasi yang baik antara babinsa dan PPL yang selalu memberikan pendampingan kepada petani dari kegiatan penyuluhan, pengolahan lahan, bercocok tanam sampai panen, "ungkapnya. Eko W_Pendim0703