Breaking News

Babinsa Dampingi Petani Memanen Padi Dengan Mesin Modern

Babinsa Dampingi Petani Memanen Padi Dengan Mesin Modern

KODIM 0703/CILACAP | Kesugihan Babinsa Koramil 06/Kesugihan Kodim 0703/Cilacap Sertu Rasidi bersama Dinas PPL dan Mahasiswa melaksanakan pendampingan panen padi menggunakan alat modern mesin pemanen padai (Combine Harvester) Merek Quic yang dilaksanakan di sawah Poktan "Mekar Berkah" Desa Kesugihan Kecamatan Kesugihan dengan luas lahan 5 hektar dengan  varietas padi Mekongga,Rabu (7/8/19).

Kegiatan ini juga dihadiri pada kegiatan tersebut Babinsa Sertu Rasidi, PPL Desa Kesugihan Ir. Guleno Iriyanto, Mahasiswa PKL dari Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian) Yogyakarta, Ketua Poktan Mekar Berkah, Anwar serta anggota Poktan Mekar Berkah Desa Kesugihan.

Kegiatan pendampingan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian upsus pajale, sebagai salah satu langkah untuk mensukseskan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Cilacap, khususnya di wilayah Kecamatan Kesugihan.

Babinsa Koramil 06/Kesugihan Sertu Rasidi menyampaikan bahwa panen padi di areal pertanian milik Poktan Mekar Berkah ini  dengan menggunakan mesin modern alat pemanen padi (Combine Harvester) Merek Quic. Dia berharap dengan menggunakan alat ini akan efisien dan menghemat pengeluaran bagi petani dalam proses panennya sehingga diharapkan petani semakin sukses. Selain itu juga bisa meminimalkan bulir padi yang terbuang sia sia karena padi langsung masuk ke kantong yang telah ditempatkan pada mesin panen.

"Dengan panen menggunakan mesin panen ini diharapkan pengeluaran petani akan efisien sehingga petani semakin sukses, karena ongkos panen dengan mesin lebih murah dibandingkan dengan tenaga manusia dan butiran padipun bisa diminimalisir terbuang sia sia" jelas Sertu Rasidi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani, Mekar Berkah Anwar mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa dan PPL yang terjun langsung membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. 

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa dan PPL yang langsung turun kesawah telah menumbuhkan semangat dalam bertani dan terbukti hasilnya ada peningkatan dalam produktifitas hasil panennya" ucap Anwar.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa bersama PPL Pertanian sehingga para petani bisa ikut serta mensukseskan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan. Urip_Pendim0703