Breaking News

Musim Kemarau, Babinsa Terus Beri Semangat Petani Dalam Menanam Padi


KODIM 0703/CILACAP | Majenang Membantu para petani menanam padi di musim kemarau dan dalam rangka percepatan masa tanam padi, Personil Babinsa Koramil 13/Majenang Kodim 0703/Cilacap melakukan pendampingan penanaman padi serentak bersama Poktan Cimayu pada lahan milik Rasidan dengan Luas 0,28 ha dan jenis padi Inpari 42 di RT 02/16 Dusun Tegal Desa Pahonjean Kecamatan Majenang, Senin (12/08).

Dengan turunnya Babinsa dalam tanam padi ini diharapkan dapat membantu para petani serta memotivasi mereka agar lebih intensif dalam merawat tanaman padinya sehingga akan menghasilkan panen padi yang melimpah. Selain itu juga untuk memaksimalkan luas tambah tanam pada Masa Tanam (MT) tahun 2019 khususnya di Desa Pahonjean.

“ Walau musim kemarau, kita terus melaksanakan pendampingan kepada petani untuk menanam padi terlebihblagi saat ini bertepatan dengan masa tanam di wilayah Kecamatan Majenang, diharapkan untuk panen nantinya dapat serentak dilakukan,” kata Sertu Sahri  

Dia menambahkan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan ‘jajar legowo’. Dengan pola tanam ini diharapkan tingkat pertumbuhan produksi padi nantinya akan bagus sehingga produktivitas panen padinya meningkat,ujarnya.

Ditempat terpisah Danramil 13/Majenang Kapten Inf. Agus Sudarso menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan anggotanya merupakan bentuk upaya membantu petani dalam mengatasi kesulitan dalam usaha tani dan berupaya menyukseskan swasembada pangan. Dengan adanya Babinsa yang terjun langsung di lapangan diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta semangat petani.

"Melalui pendampingan ini para Babinsa dapat mengetahui setiap hambatan dan kendala yang dihadapi petani di lapangan, untuk selanjutnya dicarikan solusi guna mengatasinya dengan segera, sehingga dapat dipastikan program swasembada pangan di wilayah tidak terkendala," tegasnya. Urip_Pendim0703